Jenis dan Penyebab Suara Aneh pada Motor Matic yang Harus Diwaspadai

Senin 22-07-2024,07:51 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan rantai ketena yang tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motor matic, pemasangan rantai ketena yang tidak tepat, atau keausan rantai ketena akibat penggunaan jangka panjang.

Cara menghindari bunyi gelitik tersebut adalah dengan mengganti rantai ketena dengan yang baru sesuai spesifikasi, memasang rantai ketena dengan benar dan akurat, serta merawat rantai ketene motor matic secara berkala agar tetap bersih dan kokoh.

5. Suara Ngelos

Bunyi ini mirip dengan bunyi udara yang dikeluarkan dari balon karet. Suara bising ini bisa disebabkan oleh kebocoran kompresi pada mesin sepeda motor matic.

BACA JUGA:Harga dan Spesifikasi Motor Matic Yamaha XMAX Terbaru 2024

BACA JUGA:Kehebatan yang Dimiliki Motor Matic All New Honda Beat Series, Dijamin Bikin Pengin Beli

Hal ini dapat disebabkan oleh kebocoran katup, ring piston, atau paking kepala sepeda motor matic. Artinya, tekanan udara dan bahan bakar di ruang bakar sepeda motor matic tidak optimal.

Untuk mengatasi suara ngelos ini, periksa dan perbaiki suku cadang yang bocor, ganti suku cadang yang aus atau rusak, dan lakukan perawatan sepeda motor matic rutin agar mesin tetap bersih dan dalam kondisi baik.

Jika Anda mendengar suara-suara yang tidak biasa dari sepeda motor matic Anda, segera periksa masalahnya dan perbaiki agar kondisinya tidak semakin parah. Agar sepeda motor matic anda tetap nyaman dalam jangka waktu lama, jangan lupakan perawatan rutin. 

Itulah berbagai jenis-jenis suara aneh yang ditimbulkan oleh sepeda motor matic serta penyebab yang harus Anda waspadai. (fah)

Kategori :