Bikin Panik, Ular Cincin Emas Masuk Rumah Warga Donan, Cilacap

Jumat 19-07-2024,11:40 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Warga Jalan Kalicawang, Kelurahan Donan, Kabupaten Cilacap digegerkan dengan kemunculan ular cincin emas yang masuk rumah pada Kamis (18/7/2024) sekitar pukul 21.00 WIB.

Keberadaan ular berbisa tersebut pertama kali diketahui oleh Lina selaku pemilik rumah, karena khawatir pemilik rumah segera melapor ke petugas Damkar.

"Pemilik rumah khawatir serta panik mengetahui ular berbisa masuk ke rumah, jadi mereka lapor ke Pos Damkar," kata Plt Bidang Damkar Satpol PP Cilacap Supriyadi, Jumat (19/7/2024).

Mendapatkan laporan, Pos Damkar Cilacap segera mengirimkan dua petugas dengan APD lengkap menuju lokasi.

BACA JUGA:Lima Orang Caleg Terpilih Hasil Pemilu 2024 Kabupaten Cilacap Belum Laporkan Harta Kekayaan

BACA JUGA:Awaluddin Muuri Mengajukan Pengunduran Diri dari Penjabat Bupati Kabupaten Cilacap

"Kurang lebih lima menit, petugas berhasil mengamankan ular berjenis cincin emas dari rumah warga," lanjutnya.

Jenis ular cincin emas memiliki nama latin boiga dendrophila dan merupakan ular endemik di Indonesia. Seringkali dijumpai di Pulau Jawa, Sulawesi dan Sumatera.

"Jenis ular ini agresif, jika manusia tergigit akan merasa panas dan menggigil maka harus cepat ditangani," tandasnya.

Atas kejadian tersebut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap keberadaan hewan liar dan diminta segera melapor ke Pos Damkar melalui aplikasi Satkartaru SIAP.

"Kita tidak hanya menangani kejadian kebakaran saja akan tetapi dapat melakukan penanganan hewan liar atau kejadian-kejadian yang tidak bisa ditangani oleh masyarakat," pungkasnya. (jul)

Kategori :