5 Alasan Motor Matic yang Jarang Dipakai Harus Tetap Ganti Oli

Senin 22-07-2024,11:18 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

Selain itu, endapan ini bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mesin jika tidak dibersihkan dengan penggantian oli yang rutin. 

Dengan mengganti oli secara teratur, kalian membantu mengurangi risiko pembentukan endapan dan menjaga performa mesin tetap optimal.

5. Kehilangan Sifat Pelumas

Seiring berjalannya waktu, oli mesin yang tidak sering digunakan mengalami penurunan kualitas pelumasan. 

Oli yang telah terpapar suhu ekstrem, kelembaban, dan proses oksidasi cenderung kehilangan kemampuan utamanya dalam melumasi komponen mesin. 

Ketika oli kehilangan sifat pelumasnya, gesekan antar komponen mesin meningkat, yang dapat menyebabkan keausan dan kerusakan pada bagian-bagian penting. 

Penggantian oli secara berkala membantu memastikan bahwa mesin kalian selalu mendapatkan pelumasan yang optimal, meskipun motor matic tidak sering digunakan.

BACA JUGA:Hal yang Harus Dilakukan Jika Standar Tengah Motor Matic Macet dan Cara Mencegahnya

BACA JUGA:Menakjubkan! 7 Kecanggihan Motor Matic All New Honda Beat Series Jadi Primadona Anak Muda

Mengganti oli secara teratur meskipun motor matic jarang digunakan adalah langkah preventif yang penting.

Dengan melakukan penggantian oli, kalian memastikan mesin tetap terlindungi, performa tetap optimal, dan umur mesin lebih panjang. 

Jangan hanya mengandalkan jarak tempuh untuk menentukan waktu penggantian oli, tetapi perhatikan juga waktu dan kondisi penyimpanan motor matic kalian. (dda)

Kategori :