Ubur-Ubur Muncul di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Wisatawan Diminta Waspada

Kamis 18-07-2024,16:18 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kemunculan ubur-ubur di wilayah wisata Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap menjadi perhatian tersendiri bagi pengelola pantai yang menjadi ikon kabupaten tersebut.

Pasalnya, setelah kemunculannya beberapa hari terakhir ini sudah ada laporan sebanyak 3 orang wiasatawan tersengat hewan yang biasa muncul musimam itu.

"Ubur-ubur muncul sudah sekitar 5 harian, kalau jenisnya kami tidak tahu tapi dari laporan sudah ada wisatawan yang tersengat," katanya, Kamis (18/7/2024).

Untuk mengantisipasi ancaman ubur-ubur, pihaknya telah memasang rambu-rambu peringatan di area pantai. Selain itu, mengimbau para pengunjung untuk sementara waktu tidak mandi di laut.

BACA JUGA:Suhu Udara Dingin di Cilacap Diprediksi Hingga Agustus, Suhu Udara Minimum 23 Derajat Celcius

BACA JUGA:20 Orang di Cilacap Meninggal Akibat DBD

"Kita sudah pasang rambu-rambu agar tidak sementara tidak mandi atau bermain air di Pantai Teluk Penyu," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya telah menyiagakan petugas beserta tim medis dengan membawa obat-obatan untuk pertolongan pertama. Hal itu untuk mengantisipasi adanya korban lanjutan.

"Ada petugas yang berkeliling di tepi pantai dengan membawa alkohol dan tisue. Jadi kalau ada yang terkena sengatan ubur-ubur, langsung kita berikan pertolongan pertama dengan menyemprotkan alkohol ke area yang terkena sengatan," jelasnya.

Pihaknya mengimbau bagi pengunjung yang melihat ubur-ubur tersebut, diminta untuk tidak memegang, dan usahakan jangan sampai menginjak karena berbahaya. 

"Kalau tersengat, kulit akan terasa gatal dan lama kelamaan seperti terbakar, bahkan bisa menyebabkan sesak nafas," pungkasnya. (jul)

Kategori :