Dinporapar Gagas Wisata Sejarah, Menteri Sandiaga Uno Kagumi Bangunan Peninggalan Belanda di Purbalingga

Minggu 14-07-2024,13:59 WIB
Reporter : Aditya Wisnu Wardana
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga sedang mengembangkan paket wisata sejarah untuk wisatawan. Kabupaten Purbalingga memiliki banyak potensi wisata sejarah yang bisa menarik minat wisatawan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga, R. Budi Setiawan, kepada Radarmas, Sabtu (13/7). "Saya memiliki rencana untuk memaketkan wisata sejarah di Kabupaten Purbalingga. Ini bisa menjadi potensi wisata baru di Kabupaten Purbalingga," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa banyak bangunan peninggalan penjajahan Belanda di Kabupaten Purbalingga yang bisa dijadikan objek wisata sejarah. Selain itu, terdapat banyak prasasti sejarah peninggalan zaman purbakala di daerah tersebut.

"Kami sudah mengajukan pengelolaan bus sekolah milik Pemkab Purbalingga untuk digunakan sebagai sarana penunjang rencana tersebut," lanjutnya. Menurutnya, bus sekolah yang selama ini dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Purbalingga akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk mendukung rencana ini.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Singgung Penerbangan Pariwisata JB Soedirman

BACA JUGA:Sandiaga Uno Dukung Pelaku Ekonomi Kreatif Purbalingga Semakin Maju

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, saat berkunjung ke Kabupaten Purbalingga mengagumi bangunan-bangunan bersejarah di daerah tersebut. Menurutnya, bangunan bersejarah di Kabupaten Purbalingga dapat dimanfaatkan untuk mendukung pariwisata setempat.

"Wisata pendidikan sejarah sangat bagus jika dikembangkan di Kabupaten Purbalingga," katanya kepada Radarmas pekan lalu. Dia mencontohkan gedung Pengadilan Negeri Purbalingga, yang merupakan peninggalan penjajahan Belanda, sangat bagus jika dimanfaatkan untuk wisata pendidikan sejarah. Sandiaga juga mengagumi Kantor Kodim 0702/Purbalingga yang merupakan peninggalan Belanda, serta pemakaman Belanda di Jalan S Parman Purbalingga.

Dia menjelaskan bahwa kemajuan pariwisata di Kabupaten Purbalingga dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih besar. Potensi lapangan pekerjaan dari sektor wisata sangat besar. Pemerintah daerah perlu memanfaatkan peluang tersebut dengan mendukung sektor pariwisata. (tya)

Kategori :