Mengenal 5 Komponen Penting yang Ada di CVT Motor Matic

Selasa 16-07-2024,11:34 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

4. Roller dan Slider

Roller dan slider adalah komponen tambahan yang penting dalam sistem CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic. 

BACA JUGA:Ternyata Ini! 7 Alasan Masyarakat Masih Memilih Motor Matic Dibandingkan Motor Listrik

BACA JUGA:Terlihat Mewah! 7 Alasan Motor Matic Honda Stylo 160 Tetap Mencuri Perhatian

Kedua komponen ini berperan dalam mengatur perubahan rasio gear secara otomatis untuk menyesuaikan dengan kecepatan dan beban mesin yang berbeda.

- Roller: Roller adalah komponen berbentuk bulat atau silinder yang terletak di dalam gulungan pulley variabel CVT. Roller ini berfungsi untuk menyesuaikan diameter pulley variabel sesuai dengan putaran mesin. 

Saat putaran mesin meningkat, roller akan bergerak keluar dari pusat pulley, menyebabkan diameter pulley variabel semakin besar. 

Sebaliknya, saat putaran mesin berkurang, roller akan masuk kembali ke dalam pulley, menyebabkan diameter pulley variabel mengecil.

- Slider: Slider adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur gesekan dan pengaturan lainnya dalam sistem CVT. Slider biasanya digunakan untuk mempertahankan posisi dan ketegangan sabuk CVT, serta untuk menyesuaikan karakteristik transmisi sesuai dengan kebutuhan pengendara. 

Penggunaan slider dapat mempengaruhi responsivitas CVT dan kehalusan perpindahan antara rasio gear.

Kedua komponen ini bekerja sama dalam sistem CVT untuk menjaga kinerja transmisi yang optimal dan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan efisien bagi pengguna motor matic.

 

5. Sprag Clutch atau Centrifugal Clutch

Sprag Clutch atau Centrifugal Clutch adalah komponen penting dalam sistem CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic. 

Clutch ini berfungsi untuk mengatur bagaimana dan kapan daya dari mesin akan dipindahkan ke roda kendaraan, berdasarkan pada kecepatan putaran mesin.

Clutch ini juga memainkan peran kunci dalam memberikan akselerasi yang halus dan responsif, serta dalam menjaga keandalan sistem CVT pada motor matic.

Kategori :