Mengenal VVA Pada Motor Matic Yamaha NMAX Beserta Fungsinya

Sabtu 13-07-2024,11:31 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Dhani Dwi

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apa itu VVA pada motor matic Yamaha NMAX, dan bagaimana fungsinya.

Dalam dunia otomotif, inovasi teknologi terus berkembang untuk memberikan performa terbaik sekaligus efisiensi tinggi bagi kendaraan. 

Yamaha, sebagai salah satu produsen motor terkemuka, tidak ketinggalan dalam hal ini. Salah satu teknologi canggih yang disematkan pada motor matic andalannya, Yamaha NMAX, adalah Variable Valve Actuation (VVA). 

Teknologi VVA hadir sebagai solusi untuk meningkatkan performa mesin sekaligus efisiensi bahan bakar. 

Melalui artikel ini, kita akan mengenal lebih dalam tentang apa itu VVA, cara kerjanya, dan manfaat yang ditawarkannya bagi pengguna Yamaha NMAX.

BACA JUGA:Yuk Intip! 7 Kecanggihan Motor Matic Lambretta G350 Pesaing Vespa GTS300, Perpaduan Klasik dan Modern

BACA JUGA:Harus Tau! Komponen Kelistrikan Motor Matic beserta Fungsinya, Jaga Performa dan Kenyamanan Berkendara

Mengenal Tentang VVA Yamaha NMAX

Variable Valve Actuation (VVA) adalah teknologi inovatif yang diterapkan pada mesin untuk mengoptimalkan kinerja katup masuk (intake valve). 

Pada mesin konvensional, bukaan katup tetap dan tidak berubah, terlepas dari kondisi pengendaraan atau putaran mesin (RPM).

Hal ini sering kali mengakibatkan kompromi antara efisiensi bahan bakar dan performa mesin. 

Dengan VVA, Yamaha memperkenalkan mekanisme yang memungkinkan perubahan durasi dan timing bukaan katup sesuai dengan kebutuhan mesin. Teknologi ini menggunakan dua profil camshaft yang berbeda: satu untuk putaran rendah dan satu lagi untuk putaran tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Dari VVA Yamaha NMAX?

VVA pada Yamaha NMAX bekerja dengan menggunakan dua profil camshaft yang berbeda: satu untuk putaran rendah dan satu untuk putaran tinggi. 

Kategori :