Yuk Kenali! 8 Faktor Penyebab Perpak Mesin Motor Matic Rembes, dan Solusinya

Senin 08-07-2024,17:51 WIB
Reporter : Aditya Kurniawan
Editor : Ali Ibrahim

BACA JUGA:Kelebihan Motor Matic Honda Vario 125 Generasi Pertama yang Membuat Masih Banyak Diminati

Ganti ring piston merupakan solusi untuk mengatasi kebocoran akibat kerusakan ring piston.  Proses penggantian ring piston tergolong rumit dan membutuhkan keahlian khusus, sehingga disarankan untuk membawanya ke bengkel resmi.

7. Crankcase Retak

Crankcase merupakan rumah bagi berbagai komponen mesin, termasuk poros engkol, piston, dan ring piston. Crankcase terbuat dari bahan metal yang cukup kuat, namun benturan keras atau faktor usia dapat menyebabkan crankcase retak.  

Retaknya crankcase akan membuat oli merembes keluar. Tanda-tandanya dapat berupa oli merembes dari celah-celah crankcase.

Solusinya pada kasus crankcase yang retak, penggantian crankcase dengan yang baru merupakan satu-satunya solusi. Proses ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan sebaiknya dilakukan di bengkel resmi oleh mekanik yang berpengalaman.

8. Mesin Overheating

Overheating atau mesin yang kepanasan, dapat menjadi penyebab fatal bagi berbagai komponen mesin, termasuk perpak mesin.  

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Motor Matic Honda Forza 250

BACA JUGA:8 Hal yang Disukai dari Motor Matic Yamaha Filano

Saat mesin mengalami overheating, komponen-komponen di dalamnya akan memuai dan melengkung, termasuk perpak mesin. Hal ini dapat menyebabkan perpak mesin bocor dan oli merembes.

Tanda-tandanya oli merembes dari berbagai bagian mesin, mesin overheat, dan asap knalpot berwarna putih. Periksalah secara berkala sistem pendingin mesin, seperti radiator, kipas radiator, dan water pump.  

Pastikan sistem pendingin bekerja dengan optimal untuk mencegah terjadinya overheating.  Jika mesin terlanjur mengalami overheating, segera matikan mesin dan biarkan mendingin sebelum diperiksa oleh mekanik.

Dengan mengetahui faktor penyebab perpak mesin motor matic rembes, Anda dapat mencegah rembes perpak mesin motor matic dan menjaga performa mesin kesayangan Anda. Ingatlah untuk selalu melakukan servis motor secara rutin di bengkel resmi, dan gunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. (akr)

Kategori :