10 Penyebab Bearing Roda Motor Matic Gagal

Sabtu 15-06-2024,10:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:5 Penyebab Bensin Motor Matic Boros dan Tips Menghematnya

BACA JUGA:5 Masalah Umum Motor Matic dan Solusi Mengatasinya

7. Fatigue

Fatigue, atau kelelahan material, sering terjadi akibat dari beban yang berlebihan, beban awal yang melebihi kapasitas bearing, atau penggunaan bearing yang sudah terlalu lama. Saat bearing mengalami fatigue, struktur materialnya mulai mengalami retakan dan keausan.

Untuk menghindari fatigue, sangat penting untuk memastikan bahwa beban yang diberikan pada bearing tidak melebihi batas maksimum yang ditentukan oleh pabrikan. Pemilihan bearing yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan menggantinya secara berkala.

8. Overheating

Overheating, atau kelebihan panas, umumnya disebabkan oleh suhu operasi yang berlebihan dan pelumasan yang tidak tepat. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan perubahan struktural pada bearing, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan keausan yang lebih cepat.

Untuk mencegah overheating, penting untuk memastikan bahwa pelumasan bearing dilakukan secara tepat dan cukup sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Selain itu, memastikan ventilasi yang baik di sekitar bearing dan memonitor suhu operasi.

BACA JUGA:Pengaruh Gaya Berkendara Motor Matic terhadap Konsumsi BBM

BACA JUGA:Ide Kreatif Modifikasi Motor Matic untuk Pemula

9. Beban Berlebihan

Menempatkan terlalu banyak beban pada bearing adalah salah satu penyebab umum kegagalan pada komponen ini. Beban berlebihan dapat meningkatkan tekanan dan gesekan yang diberikan pada bearing, yang pada akhirnya dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat.

Untuk menghindari beban berlebihan, penting untuk memahami batas maksimum beban yang dapat ditanggung oleh bearing yang digunakan. Pemilihan bearing yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi serta memastikan bahwa beban yang diberikan tidak melebihi batas maksimum.

10. Penyimpanan dan Penanganan yang Tidak Tepat

Penyimpanan yang tidak tepat dapat menyebabkan bearing menjadi lembab dan terkena debu, yang pada gilirannya dapat mengganggu kinerja bearing dan mempercepat keausan. Selain itu, menangani bearing dengan membuka kotak dan merobek pembungkus sebelum waktunya juga dapat membiarkan kotoran masuk.

Untuk menghindari dampak negatif dari penyimpanan yang tidak tepat, penting untuk menyimpan bearing dalam lingkungan yang kering dan terlindungi dari kelembaban dan debu. Selain itu, menjaga integritas pembungkus bearing sampai saat pemasangan akan membantu melindungi bearing.

Kategori :