10 Penyebab Bearing Roda Motor Matic Gagal

Sabtu 15-06-2024,10:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA: Mengoptimalkan Performa Motor Matic untuk Perjalanan Jauh

BACA JUGA:AHM Luncurkan Motor Matic All New Honda BeAT dengan Desain dan Fitur Keamanan Baru

3. Pemasangan yang Tidak Benar

Dalam banyak kasus, kegagalan bearing roda terjadi karena kesalahan dalam proses pemasangan. Secara ideal, bantalan harus dipasang dengan pas tekan pada cincin berputar untuk memastikan distribusi beban yang merata dan menghindari gesekan yang berlebihan.

Untuk menghindari kegagalan akibat pemasangan yang tidak benar, sangat penting untuk memastikan bahwa proses pemasangan dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk yang disarankan oleh pabrikan. 

4. Misalignment

Misalignment, atau penyelarasan yang tidak tepat, juga merupakan penyebab umum kegagalan bearing roda. Pemasangan yang tidak tepat akibat kelonggaran atau poros yang bengkok dapat mengakibatkan misalignment, yang pada gilirannya dapat menghasilkan panas berlebihan dan mengganggu kinerja bearing.

Untuk mencegah misalignment, penting untuk memastikan bahwa semua komponen terpasang dengan benar dan sesuai dengan spesifikasi yang disarankan oleh pabrikan. Memeriksa kondisi poros dan komponen lainnya secara berkala juga dapat membantu mendeteksi dan mencegah misalignment.

BACA JUGA:5 Kelebihan Memiliki Motor Matic Besar Bisa Menghemat Bahan Bakar

BACA JUGA:Dampak Positif dan Negatif Saat Ganti Knalpot Motor Matic

5. Korosi

Korosi, yang terjadi akibat berbagai faktor seperti kelembaban, keasaman, penggunaan grease berkualitas rendah atau rusak, pembungkus yang tidak memadai, serta kondensasi dari perubahan suhu yang ekstrem, dapat menjadi ancaman serius bagi bearing roda. 

Untuk mengatasi korosi, penting untuk menggunakan grease berkualitas tinggi yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang berbeda, serta memastikan bahwa bearing dilindungi dengan pembungkus atau segel yang baik. 

6. Kerusakan Listrik

Kerusakan listrik dapat terjadi akibat aliran arus bolak-balik atau searah yang konstan, bahkan dengan arus rendah. Aliran listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan panas berlebihan di dalam bearing roda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal.

Untuk menghindari kerusakan listrik, penting untuk memilih komponen listrik yang berkualitas tinggi dan pemeliharaan rutin terhadap sistem listrik juga dapat membantu mengurangi risiko kerusakan listrik pada bearing roda.

Kategori :