Hati-Hati! Inilah Penyebab Van Belt Motor Matic Bermasalah

Rabu 12-06-2024,19:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

Dengan melakukan perawatan secara teratur dan memperhatikan kondisi pulley motor matic Anda, Anda dapat memastikan kinerja optimal van belt serta mencegah terjadinya masalah yang tidak diinginkan selama berkendara. 

2. Pengaruh Beban Berat Terhadap Umur Pemakaian

Selain kondisi pulley yang seret, beban yang terlalu berat juga dapat menjadi faktor yang memperpendek umur pemakaian van belt pada motor matic. Misalnya, pemilik motor sering membawa beban yang melebihi kapasitas maksimal saat menggunakan motor matic.

BACA JUGA:5 Penyebab Utama CVT Motor Matic Karbu Bergetar Parah

BACA JUGA:5 Langkah Mudah Mengganti Knalpot Motor Matic Sendiri di Rumah

Menurut penuturan Rafi, pemilik bengkel motor matic terkemuka, penggunaan motor matic dengan membawa beban yang terlalu berat dapat mengakibatkan kerja van belt menjadi lebih berat dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh peningkatan beban yang diberikan pada sistem transmisi/

Penggunaan motor matic dengan beban berat secara terus-menerus dapat menyebabkan peningkatan tekanan dan gesekan pada van belt. Akibatnya, van belt akan mengalami keausan yang lebih cepat dan lebih sering memerlukan penggantian. 

Selain itu, beban berat juga dapat menyebabkan overheating pada komponen-komponen tertentu dalam sistem transmisi, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius.

Untuk memperpanjang umur pemakaian van belt motor matic, sangat penting untuk memperhatikan beban yang dibawa saat menggunakan kendaraan. Pastikan untuk tidak melebihi kapasitas maksimal yang dianjurkan oleh pabrikan. 

Jika Anda seringkali menggunakan motor matic untuk membawa beban berat, pertimbangkan untuk melakukan perawatan yang lebih sering pada van belt dan komponen-komponen lainnya dalam sistem transmisi. 

Dengan melakukan perawatan yang tepat dan memperhatikan beban yang dibawa, Anda dapat memastikan umur pemakaian van belt motor matic Anda tetap optimal dan menghindari masalah yang tidak diinginkan.

3. Gaya Berkendara dan Pengaruhnya

Ternyata, gaya berkendara atau riding yang diterapkan oleh pengendara juga memiliki dampak signifikan terhadap umur pemakaian van belt pada motor matic. Namun, tidak selalu gaya berkendara yang tenang dan santai yang menjadi penyebab utama keausan van belt.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 4 Kekurangan Vespa Matic Dibandingkan Motor Matic Lainnya

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Menggunakan Kampas Ganda Motor Matic yang Sudah Habis

Gaya berkendara yang agresif, seperti seringnya membuka throttle gas secara tiba-tiba, dapat menyebabkan van belt mengalami tegangan yang tidak terduga. Akibatnya, van belt akan mengalami tekanan ekstra yang dapat menyebabkan keausan lebih cepat. 

Kategori :