Agar Tidak Kena Tipu! Ikuti 5 Cara Mengidentifikasi Oli Motor Matic yang Asli

Sabtu 08-06-2024,15:10 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

Dengan membeli oli motor matic di toko resmi dan terpercaya sangat penting untuk memastikan keaslian dan kualitas produk.

4. Amati Warna dan Bau Oli

Mengidentifikasi keaslian oli motor matic bisa dilakukan dengan mengamati warna dan bau oli. Meski ini bukan metode yang paling akurat, namun tetap bisa menjadi indikasi tambahan untuk memastikan keaslian produk.

Oli asli umumnya memiliki warna yang jernih atau sedikit kekuningan. Jika oli terlihat terlalu gelap, keruh, atau berubah warna, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa oli tersebut palsu atau sudah tercemar.

Periksa apakah warna oli konsisten di seluruh botol. Oli yang asli biasanya memiliki warna yang seragam tanpa bercak atau endapan.

Selain itu, bau oli juga bisa menjadi indikator keaslian produk. Oli asli memiliki aroma yang khas, yang dapat berbeda tergantung pada merek dan jenisnya.

Jika oli memiliki bau yang aneh, terlalu menyengat, atau tidak seperti bau minyak pelumas pada umumnya, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa oli tersebut palsu atau telah terkontaminasi bahan lain.

Dengan memperhatikan warna dan bau oli, kalian bisa mendapatkan indikasi awal tentang keaslian produk.

BACA JUGA:Mengenal Engine Mounting Motor Matic Beserta Fungsinya yang Mengagumkan

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 8 Tips Penting Merawat Rem ABS Motor Matic

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, kalian bisa mengurangi risiko tertipu oleh produk oli palsu. Selalu waspada dan lakukan pengecekan menyeluruh sebelum membeli oli untuk motor matic. (dda)

Kategori :