Simak Nih! Teknologi canggih yang tertanam pada motor matic Honda PCX 160

Minggu 09-06-2024,07:07 WIB
Reporter : Aditya Kurniawan
Editor : Ali Ibrahim

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Teknologi canggih yang tertanam pada motor matic Honda PCX 160, meningkatkan performa, keamanan, dan kenyamanan berkendara. Sehingga dapat tercipta, pengalaman berkendara yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi para penggunanya.

Honda PCX 160 hadir sebagai pelopor skuter matic premium di Indonesia. Tak hanya unggul dalam performa mesin dan desain elegan, PCX 160 juga dibenamkan berbagai teknologi canggih yang mendefinisikan ulang pengalaman berkendara.



Berikut ini akan mengajak Anda, menyelami teknologi canggih yang tertanam pada motor matic Honda PCX 160. Menjadikan Anda paham kehebatan dan keunggulan PCX 160, dalam setiap putaran gasnya.

1. Mesin eSP+ 160cc

Di balik body ramping PCX 160, tersimpan mesin eSP+ 160cc 4 katup berpendingin cairan. Teknologi eSP+ (Enhanced Smart Power Plus) ini bukanlah sekadar jargon pemasaran.

BACA JUGA:Cara Mengecek Kesehatan Aki Motor Matic

BACA JUGA:4 Tips Jitu Menjual Motor Matic Bekas Dijamin Laku

Teknologi ini dirancang untuk menghadirkan performa responsif, namun tetap efisien bahan bakar. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 15,3 hp dan torsi 15 Nm.

Angka ini menjanjikan akselerasi yang lincah dan menyenangkan, terutama untuk penggunaan dalam kota yang kerap menuntut manuver cepat. Teknologi pendingin cairan yang diusung eSP+ turut berperan penting.

Sistem ini menjaga suhu mesin tetap optimal, sehingga performa mesin terjaga dan konsumsi bahan bakar lebih terkontrol.

2. Honda Selectable Torque Control (HSTC)

Salah satu fitur pembeda yang menjadikan PCX 160 unggul di kelasnya adalah, kehadiran Honda Selectable Torque Control (HSTC). Sistem ini bekerja secara otomatis, untuk mengatur tenaga mesin dan mencegah roda belakang selip saat akselerasi di jalan licin atau basah.

BACA JUGA:Perbedaan Smart Key dan Keyless pada Motor Matic yang Harus Dipahami

BACA JUGA:3 Komponen Penting pada Motor Matic yang Wajib Pengendara Perhatikan

Bekerja melalui sensor yang mendeteksi perbedaan kecepatan putaran roda depan dan belakang, HSTC secara cerdas akan mengurangi tenaga mesin jika terjadi potensi selip.

Dengan demikian pengendara dapat melaju dengan percaya diri di berbagai kondisi jalan, terutama saat hujan atau melewati permukaan yang licin. Fitur ini juga dapat dinonaktifkan secara manual sesuai kebutuhan berkendara.

3. Anti-lock Braking System (ABS)

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi prioritas utama Honda. Varian PCX 160 ABS dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS).

Sistem ini berperan aktif mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. ABS bekerja dengan cara mengatur tekanan hidrolik pada sistem rem.

BACA JUGA:3 Ciri-Ciri V-belt Motor Matic Harus Diganti

BACA JUGA:5 Tips Servis Motor Matic Agar Berumur Panjang

Hal ini mencegah terjadinya roda terkunci, yang dapat menyebabkan hilangnya kontrol dan potensi terjatuh. Kehadiran ABS memberikan rasa percaya diri yang lebih tinggi, terutama saat berkendara di jalanan ramai atau kondisi darurat yang mengharuskan pengereman mendadak.

4. Smart Key System dan Answer Back System

PCX 160 meninggalkan jejak era kunci konvensional. Didukung oleh Smart Key System Anda dapat menyalakan motor, membuka bagasi, serta mengunci motor tanpa perlu menggunakan anak kunci fisik.

Hal ini tentu memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengoperasikan motor. Tak hanya itu, Smart Key System juga terintegrasi dengan Answer Back System.

Fitur ini membantu pengendara, menemukan motor dengan mudah di tempat parkir yang penuh. Dengan menekan tombol pada remote, lampu hazard akan berkedip dan suara alarm akan berbunyi, memudahkan Anda untuk  mencari keberadaan motor.

5. Lampu LED

Honda PCX 160 meninggalkan teknologi lampu bohlam konvensional, dan beralih ke teknologi LED. Lampu LED menawarkan pencahayaan yang lebih terang dan jernih, dibandingkan lampu bohlam biasa.

BACA JUGA:Naksir Motor Matic Yamaha Lexi 125 ? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

BACA JUGA:Simak Yuk! 6 Dampak Buruk Filter Udara Motor Matic Kotor

Hal ini meningkatkan visibilitas pengendara di malam hari, sehingga berkendara menjadi lebih aman. Selain itu, lampu LED juga dikenal dengan keunggulannya dalam hal konsumsi daya.  

Dibandingkan lampu bohlam lampu LED membutuhkan daya yang lebih rendah, sehingga berkontribusi pada efisiensi bahan bakar secara keseluruhan. Tak ketinggalan lampu depan PCX 160 dilengkapi fitur Auto Headlight On, yang membantu pengendara untuk selalu fokus pada jalan tanpa perlu repot menyalakan lampu secara manual.

6. Ruang Penyimpanan yang Memadai

Bagi pengendara yang sering membawa barang bawaan, PCX 160 menawarkan bagasi luas dengan kapasitas 30 liter. Kapasitas ini cukup untuk menampung helm full face, tas, dan barang bawaan lainnya.

Desain bagasi PCX 160 juga terbilang praktis. Buka bagasi dapat dilakukan dengan mudah, menggunakan tombol elektrik yang terletak di dekat kunci kontak.

7. Panel Instrumen Digital yang Informatif

Meninggalkan panel instrumen analog, PCX 160 menghadirkan panel instrumen digital yang modern dan informatif. Layar digital ini menampilkan berbagai informasi penting bagi pengendara, seperti kecepatan, putaran mesin, konsumsi bahan bakar, jam, dan indikator berbagai fitur.

BACA JUGA:Cuma Rp 4 Juta! Inilah 5 Daftar Harga Motor Matic Honda Beat Karbu di Tahun 2024

BACA JUGA:5 Cara Menggunakan Fitur USB Motor Matic Agar Bekerja Secara Optimal

Tampilan panel instrumen digital pada motor matic PCX 160  jelas dan mudah dibaca, bahkan di bawah sinar matahari yang terik.

8. Desain Elegan dan Sporty yang Menawan

Tak hanya unggul dalam teknologi dan performa, PCX 160 juga tampil dengan desain yang elegan dan sporty. Lekukan bodinya yang ramping dan modern, mencerminkan gaya hidup masa kini.

Tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik, seperti hitam, putih, merah, dan biru, PCX 160 siap menemani gaya hidup pengendaranya.

Teknologi canggih yang tertanam pada motor matic Honda PCX 160, menjadikannya pilihan ideal bagi pengendara yang ingin merasakan berkendara aman, nyaman, dan menyenangkan. PCX 160 bukan hanya sebuah skuter matic biasa, tetapi sebuah representasi dari inovasi dan kemajuan teknologi di dunia otomotif. (akr)

Kategori :