Perhatikan! 3 Penyebab Motor Listrik Mati Setelah Dicuci

Rabu 22-05-2024,16:39 WIB
Reporter : Oktaliana Listia
Editor : Susi Dwi Apriani

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik motor listrik adalah motor mati setelah dicuci. Apa penyebab motor listrik mati setelah dicuci?.

Meskipun terdengar sepele, masalah ini bisa sangat mengganggu, dan berpotensi merusak komponen motor listrik jika tidak ditangani dengan benar.

Penyebab Motor Listrik Mati Setelah Dicuci

Berikut adalah beberapa penyebab motor listrik tiba-tiba mati setelah dicuci: 

1. Masuknya Air ke Komponen Elektronik

Salah satu penyebab utama motor listrik mati setelah dicuci adalah masuknya air ke komponen elektronik.

Motor listrik memiliki berbagai komponen elektronik sensitif yang bisa rusak jika terkena air, seperti kontroler, baterai, dan sensor.

- Kontroler: Kontroler adalah otak dari motor listrik yang mengatur aliran listrik ke motor. Jika air masuk ke dalam kontroler, bisa menyebabkan korsleting dan kerusakan pada sirkuit.

- Baterai: Baterai motor listrik biasanya dilengkapi dengan pelindung, tetapi jika tidak benar-benar kedap air, air bisa masuk dan merusak sel-sel baterai, mengakibatkan kegagalan daya.

- Sensor: Sensor yang digunakan untuk mengukur berbagai parameter seperti kecepatan dan suhu juga bisa terganggu oleh air, menyebabkan motor tidak berfungsi dengan benar.

BACA JUGA:Harga Mirip! Perbandingan Motor Listrik Charged Anoa dan Charged Rimau

BACA JUGA:Walaupun Keren, Ada 3 Bahaya Memasang Knalpot Aftermarket pada Motor Listrik!

2. Kabel dan Konektor yang Basah

Kabel dan konektor yang basah, bisa menyebabkan hubungan pendek atau korsleting yang masuk ke dalam konektor atau merembes ke dalam lapisan isolasi kabel bisa mengganggu aliran listrik, membuat motor tidak bisa berfungsi.

Kategori :