Intip Spesifikasi Baterai Motor Listrik Viar Q1, Benarkah Lebih Awet?

Jumat 17-05-2024,12:08 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

Penyebutan angka 60V menunjukkan bahwa baterai Viar Q1 memiliki tegangan sebesar 60 Volt, setara dengan lima baterai motor konvensional yang terhubung secara seri. 

Jika Anda pernah melihat sepeda listrik tingkat pemula, biasanya mereka menggunakan tiga hingga empat baterai SLA yang dihubungkan secara seri. Hal ini dilakukan untuk mencapai tegangan yang cukup tinggi agar dapat memberikan daya yang cukup untuk motor listrik. 

Mengapa menggunakan baterai SLA? Karena harganya lebih murah, meskipun memiliki penambahan bobot yang signifikan.

BACA JUGA:Keunggulan Baterai Nikel Kadmium untuk Motor Listrik, Paling Tangguh?

BACA JUGA:Keunggulan Baterai Lead Acid untuk Motor Listrik, Harganya PALING MURAH!

Dengan kapasitas 20Ah, yang menggambarkan Ampere hour atau kemampuan baterai untuk menyediakan energi setiap jamnya, tidak bisa dijadikan sebagai acuan utama untuk menentukan durasi penggunaan atau jarak tempuh motor. Hal ini karena beban yang ditanggung akan berbeda-beda tergantung pada cara penggunaan motor. 

Sebagai perbandingan, motor konvensional biasanya memiliki kapasitas Ampere hour yang relatif kecil, seperti aki pada baterai skutik yang umumnya tidak melebihi 6Ah.

Setiap baterai memiliki masa pakai tertentu. Dari spesifikasi yang diberikan, baterai Viar Q1 akan habis masa pakainya setelah pengisian ulang dilakukan sebanyak 600 hingga 800 kali. 

Jika Anda melakukan pengisian setiap hari, maka perkiraannya baterai akan habis dalam kurun waktu sekitar dua tahun. Setelah masa pakai habis, Anda perlu menggantinya dengan baterai baru yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan motor listrik.

BACA JUGA:ANDA PERLU TAHU! Jenis-Jenis Baterai yang Digunakan Pada Motor Listrik

BACA JUGA:5 Jenis Baterai Motor Listrik dan Cara Merawatnya, Mana yang Recommended?

Kapasitas baterai Viar Q1 adalah 2 kWh (kiloWatts hour, atau setara dengan 2.000 Watt per jam), yang sering digunakan sebagai patokan untuk menentukan jarak tempuh pada kendaraan listrik.

Viar juga mengklaim bahwa Q1 dapat menempuh jarak hingga 70 km dalam sekali pengisian. Ini menunjukkan bahwa baterai tersebut memberikan jarak tempuh sekitar 35 km untuk setiap 1 kWh. 

Sebagai perbandingan, tarif listrik rumah biasanya adalah sekitar Rp 1.467,28 per kWh. Charger dengan spesifikasi 220 volt 50 Hz telah disesuaikan dengan standar yang berlaku di Indonesia.

Itulah spesifikasi baterai motor listrik Viar Q1. tertarik untuk membelinya juga?(amp)

Kategori :