Mengenal Roller Motor Matic Beserta Fungsinya

Rabu 15-05-2024,21:10 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apa itu roller motor matic dan fungsinya?. Motor matic adalah salah satu jenis motor yang populer di Indonesia, terutama karena kemudahan penggunaannya dalam berbagai kondisi jalan. 

Salah satu komponen penting dalam mesin motor matic adalah roller. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang roller pada motor matic, serta fungsi utamanya.

Mengenal Tentang Roller Motor Matic

Roller pada motor matic adalah komponen penting dalam sistem transmisi. Mereka adalah bagian dari variator, yang merupakan mekanisme utama yang mengatur perpindahan daya dari mesin ke roda belakang. 

Roller biasanya terbuat dari bahan yang keras dan tahan gesekan, seperti logam atau plastik yang diperkuat, dan berfungsi untuk mengatur perbandingan gigi dalam transmisi motor matic. 

Ketika gas ditekan, roller bergerak naik ke atas dalam pulley, menyebabkan perubahan perbandingan gigi dan meningkatkan kecepatan motor.

Sebaliknya, ketika gas dilepas, roller akan turun ke bawah dalam pulley, mengurangi perbandingan gigi dan meningkatkan torsi mesin untuk mendukung akselerasi dari keadaan diam atau kecepatan rendah.

Dengan kata lain, roller memainkan peran kunci dalam mengatur bagaimana daya dari mesin disalurkan ke roda belakang, mempengaruhi performa dan efisiensi motor matic.

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Matic Tahan Banjir dan Tips Terobos Banjir Pakai Motor Matic

BACA JUGA:Jadi Lebih Gesit! Inilah 6 Cara Meningkatkan Performa Motor Matic Dalam Jangka Panjang

Fungsi Roller Pada Motor Matic

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari roller motor matic:

1. Mengatur Perbandingan Gigi

Roller pada motor matic mengatur perbandingan gigi dengan cara yang unik. Ketika roller naik ke atas dalam pulley, perbandingan gigi menjadi lebih tinggi, yang berarti roda belakang akan berputar lebih cepat untuk kecepatan tertentu dari mesin. 

Kategori :