KENALI! Komponen Utama pada Karburator Motor Matic dan Fungsinya

Kamis 16-05-2024,11:09 WIB
Reporter : Aditya Kurniawan
Editor : Ali Ibrahim

BACA JUGA:Tips Memilih Rem yang Tepat untuk Motor Matic, Cakram atau Tromol?

Pada putaran mesin rendah pilot jet menjadi komponen utama, yang mengatur aliran bahan bakar. Sementara pada putaran mesin tinggi, main jet mengambil alih tugas tersebut.

Perawatan Karburator Motor Matic

Perawatan karburator secara berkala penting untuk menjaga performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk merawat karburator motor matic:

a. Pembersihan Karburator

Debu dan kotoran yang menumpuk di dalam karburator dapat mengganggu fungsinya. Lakukan pembersihan karburator secara berkala di bengkel resmi, atau dengan bantuan mekanik berpengalaman.  

Umumnya pembersihan dilakukan dengan melepas karburator dan menyemprotkan cairan pembersih khusus, pada bagian-bagian kecil seperti jet dan saluran udara.

b. Penyetelan Karburator

Setelan karburator yang tidak tepat dapat menyebabkan mesin boros bahan bakar, brebet, atau langsam tidak stabil. Penyetelan karburator biasanya dilakukan dengan mengatur, sekrup pengatur udara pilot jet dan sekrup gas.

BACA JUGA:JANGAN DIABAIKAN !! 8 Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Motor Matic Cepat Habis

BACA JUGA:6 Penyebab Knalpot Motor Matic Mengeluarkan Asap yang Tidak Boleh Diabaikan

Namun untuk menjaga keamanan dan akurasi, sebaiknya penyetelan dilakukan di bengkel resmi  oleh mekanik berpengalaman.

c. Penggantian Komponen

Seiring dengan penggunaan beberapa komponen karburator seperti jarum pelampung, main jet, dan pilot jet  dapat mengalami keausan. Jika gejala seperti mesin brebet atau langsam tidak stabil tidak teratasi dengan pembersihan, penggantian komponen mungkin diperlukan.  

Dengan memahami komponen utama pada karburator motor matic dan fungsinya, melakukan perawatan dan optimasi karburator secara mandiri. Perawatan karburator yang baik akan  berdampak pada performa mesin yang optimal, dan penggunaan bahan bakar yang efisien.  (AKR)

Kategori :