5 Fakta Menarik Tentang Baterai Motor Listrik, Bisa Didaur Ulang

Selasa 23-04-2024,09:23 WIB
Reporter : Okta Novanto
Editor : Puput Nursetyo

Salah satu hal penting adalah menghindari pengisian baterai terlalu penuh atau terlalu kosong, karena hal ini dapat mempengaruhi umur pakai baterai. 

Selain itu, pastikan untuk mengisi ulang baterai secara teratur dan menghindari penggunaan yang berlebihan untuk memperpanjang umur pakai baterai.

BACA JUGA:Berlaku Sampai Akhir April 2024, Begini Cara Beli Motor Listrik Subsidi Volta di Livin Mandiri

BACA JUGA:Cara Beli Motor Listrik Melalui Livin Mandiri, Mudah dan Anti Ribet

4. Mempengaruhi Jarak Tempuh

Kapasitas baterai motor listrik memiliki dampak langsung pada jarak tempuh kendaraan. Semakin besar kapasitas baterai, semakin jauh jarak tempuh yang dapat ditempuh kendaraan. 

Namun, penting untuk diingat bahwa faktor lain seperti kondisi jalan, gaya berkendara, dan kondisi cuaca juga dapat memengaruhi jarak tempuh motor listrik.

5. Dapat Didaur Ulang

Salah satu keunggulan baterai Li-ion adalah bahwa mereka dapat didaur ulang dengan baik. Komponen utama baterai seperti lithium, kobalt, dan aluminium dapat dipulihkan dan digunakan kembali dalam pembuatan baterai baru. 

Daur ulang baterai membantu mengurangi limbah elektronik dan memberikan solusi yang lebih berkelanjutan dalam penggunaan sumber daya alam yang terbatas.

Baterai merupakan komponen kunci dalam motor listrik yang memungkinkan kendaraan beroperasi dengan efisien dan ramah lingkungan. 

Dengan memahami lebih dalam tentang baterai motor listrik, Anda dapat lebih memaksimalkan kinerja kendaraan Anda dan memperpanjang umur pakai baterai. 

Dengan teknologi yang terus berkembang, diharapkan baterai motor listrik akan menjadi lebih efisien, lebih aman, dan lebih ramah lingkungan di masa mendatang, memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap mobilitas yang berkelanjutan. (okt/*)

Kategori :