PENTING! Mengatasi Masalah Mogok pada Motor Listrik, Penyebab dan Solusi

Rabu 03-04-2024,13:46 WIB
Reporter : Okta Novanto
Editor : Puput Nursetyo

Alternator rusak: Alternator yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan baterai tidak terisi secara optimal, yang akhirnya dapat menyebabkan motor listrik mogok.

Regulator tegangan yang rusak: Regulator tegangan yang rusak dapat menyebabkan baterai terisi terlalu banyak atau terlalu sedikit, yang dapat mempengaruhi kinerja motor listrik.

Solusi: Periksa secara rutin alternator dan regulator tegangan untuk memastikan bahwa keduanya berfungsi dengan baik. Jika ditemukan masalah, segera lakukan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak.

BACA JUGA:KEUNGGULAN Motor Listrik United T1800, Modern Tangguh dan Canggih

BACA JUGA:TINDAKAN DARURAT Mengatasi Motor Listrik yang Mati Mendadak

3. Masalah pada Sistem Pengapian

Sistem pengapian pada motor listrik bertanggung jawab untuk menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar dalam ruang bakar. 

Masalah pada sistem pengapian dapat menyebabkan motor listrik mogok. Beberapa masalah yang umum terjadi pada sistem pengapian meliputi:

Busi yang rusak atau kotor: Busi yang rusak atau kotor dapat menghambat proses pembakaran dan menyebabkan motor listrik mogok.

Kabel pengapian yang rusak: Kabel pengapian yang rusak atau korsleting dapat mengganggu aliran listrik ke busi dan mengakibatkan motor listrik mogok.

Solusi: Periksa dan bersihkan busi secara teratur, dan ganti jika diperlukan. Pastikan juga kabel pengapian dalam kondisi baik dan tidak terkelupas atau rusak.

4. Masalah pada Sistem Pendingin

Sistem pendingin pada motor listrik bertanggung jawab untuk menjaga suhu mesin tetap stabil saat kendaraan digunakan. 

Masalah pada sistem pendingin dapat menyebabkan motor listrik mogok. Beberapa masalah yang umum terjadi pada sistem pendingin meliputi:

Kipas pendingin yang rusak: Kipas pendingin yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin menjadi panas dan mogok.

Kebocoran pada sistem pendingin: Kebocoran pada sistem pendingin dapat mengakibatkan kekurangan cairan pendingin yang dapat menyebabkan mesin menjadi panas dan mogok.

Kategori :