Ini yang BENAR! Cara Merawat Baterai Agar Kinerja Motor Listrik Maksimal

Selasa 02-04-2024,09:18 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

Mencabut charger setelah pengisian selesai adalah langkah yang penting dalam merawat baterai motor listrik. Namun, seringkali pengguna motor listrik lupa, yang dapat berdampak buruk pada kinerja dan umur pakai baterai.

Ketika baterai sudah mencapai kapasitas penuh, tetapi charger terus memberikan arus daya, hal ini dapat mengakibatkan overcharging dapat merusak struktur kimia dalam sel baterai dan mengurangi kapasitas serta umur pakainya.

Melupakan mencabut charger juga dapat meningkatkan risiko kebakaran atau kerusakan pada charger itu sendiri. Charger yang terus terhubung dapat menjadi panas dan mengalami overheating, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kebakaran.

Maka penting untuk selalu memantau proses pengisian baterai dan mencabut charger setelah pengisian selesai. Gunakan timer atau alarm pengingat jika diperlukan untuk memastikan bahwa charger tidak terlupakan setelah pengisian.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan charger yang sesuai dengan motor listrik Anda. Charger yang tepat akan membantu mengoptimalkan proses pengisian dan mengurangi risiko overcharging serta kerusakan pada baterai.

Dengan merawat baterai motor listrik dengan menghindari melupakan mencabut charger setelah pengisian selesai, Anda dapat memastikan bahwa baterai motor listrik tetap berkinerja maksimal dan memiliki umur pakai yang lebih panjang. (wan)

Kategori :