Simak 5 Cara Standar Tengah Motor dengan Mudah, Tak Terasa Berat!

Simak 5 Cara Standar Tengah Motor dengan Mudah, Tak Terasa Berat!

Cara Standar Tengah-Autos.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Biasanya, setiap sepeda motor dilengkapi dengan dua jenis standar, yaitu standar samping dan standar tengah. Namun, kebanyakan pengendara motor hanya memanfaatkan standar samping saat memarkir. 

Namun, penggunaan standar samping dalam jangka waktu yang lama dapat memberikan dampak negatif pada kondisi motor. Lebih bijaksana jika Anda menggunakan standar tengah, terutama jika motor akan diparkir untuk waktu yang lama. 

Meskipun penggunaan standar tengah tidak sepraktis standar samping, namun ada beberapa cara standar tengah dengan mudah.  Inilah beberapa cara standar tengah motor yang bisa Anda terapkan.

Simak 5 Cara Standar Tengah Motor dengan Mudah, Tak Terasa Berat!

1. Matikan Mesin Terlebih Dahulu

Cara standar tengah motor agar tidak berat adalah dengan mematikan mesin terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mencegah kemungkinan tangan kanan secara tidak sengaja mengoperasikan tuas gas, terutama pada sepeda motor skutik. Jika hal ini terjadi, motor bisa tiba-tiba melompat, menciptakan situasi yang sangat berbahaya bagi pengendara dan pengguna jalan lainnya.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Rem Motor Blong

BACA JUGA:Inilah Penyebab Stater Pada Motor Tidak Berfungsi

2. Menurunkan Standar Samping

Langkah selanjutnya adalah menurunkan standar samping. Tujuan dari cara standar tengah yang satu ini adalah untuk menghindari kemungkinan terjatuhnya motor jika kita tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mengangkatnya menggunakan standar tengah. 

Dengan menurunkan standar samping, kita dapat menstabilkan posisi motor saat diparkir, sehingga mengurangi risiko terjadinya kecelakaan akibat ketidakstabilan atau jatuhnya motor. Ini menjadi langkah penting dalam menjaga keselamatan diri dan motor saat tidak sedang digunakan.

3. Memegang Setang dengan Kedua Tangan

Cara standar tengah berikutnya adalah dengan memegang setang menggunakan kedua tangan. Tujuannya adalah agar kita siap untuk mengangkat motor dengan standar tengah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: