Kisah Wisata Angker Rumah Hantu Darmo Surabaya Hingga Diangkat Jadi Film

Kisah Wisata Angker Rumah Hantu Darmo Surabaya Hingga Diangkat Jadi Film

Kisah Wisata Angker Rumah Hantu Darmo Surabaya hingga Diangkat jadi Sebuah Film, Para Ruband Legend harus tahu-urbanisia-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Berbicara tempat angker, Kota Surabaya memiliki banyak sekali tempat-tempat angker. Dan Rumah Hantu Darmo yang jadi juaranya.

Warga sekitar sering mendengar atau bahkan mengalami kejadian mistis dan seram di rumah besar ini. Adapun lokasi Rumah Hantu Darmo berada di Jalan Puncak Permai II Nomor 26, Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Cerita Awal Mula Julukan Rumah Hantu Darmo

Konon rumah mewah yang sangat luas itu dihuni oleh satu keluarga yang melakukan pesugihan. Suatu ketika, tiba-tiba seluruh keluarga yang menghuni rumah besar itu meninggal semua. Penyebab kematian semua keluarga ini terasa sangat ganjil.

Kisah kematian seluruh keluarga ini mempunyai berbagai macam versi. Versi pertama, Konon katanya suatu hari keluarga tersebut menghentikan perjanjian kontrak pesugihan, dengan berhenti memberikan tumbal berupa nyawa manusia dan menggantinya dengan hewan. Keputusan itu malah jadi petaka bagi keluarga kaya raya itu.

BACA JUGA: Rekomendasi Wisata Malang, Cocok Jadi Tempat Liburan

 

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Bernuansa Luar Negeri di Indonesia

Versi keduanya, konon ceritanya, suatu hari saat keluarga itu melakukan perjalanan dengan kapal laut dan mengalami kecelakaan. Kapal yang mereka tumpangi tenggelam secara misterius. Bahkan kabarnya, kapal tersebut belum ditemukan sampai sekarang.

Sementara itu, ada dua orang anggota keluarga yang tidak itu anggota keluarga lainnya menaiki kapal, turut serta menjadi kematian yang mistis ini. Sebagian besar yang tidak ikut dalam kapal adalah seorang bayi dan pembantu rumah tangga.

Konon, saat bayi itu sudah tumbuh dewasa, ia dikabarkan sering datang kerumah tersebut pada malam jumat kliwon.

Perempuan itu tidak pernah turun dari mobilnya. Dia hanya meminta petugas keaman menabur bunga di kawasan rumah ini. Banyak orang meyakini perempuan itu sang pewaris dari rumah hantu darmo ini.

BACA JUGA:Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal dengan Kisah Horornya

 

BACA JUGA:Wisata Alam Instagramable yang Menenangkan, Kemit Forest Cilacap

Dan versi lainnya yaitu rumah mewah ini sempat disewa oleh sebuah keluarga. Suatu hari, ada sekolompok perampok yang merampok dan membunuh seluruh anggota keluarga itu dengan sadis.

Atas pembunuhan itu disebut-sebut menjadi sebuah kutukan bagi siapapun yang menghuni atau mendiami Rumah Hantu Darmo. Hingga pada tahun 1997, rumah mewah yang sangat luas ini dan tidak ada penghuninya tiba-tiba ludes terbakar secara misterius.

Dibuat jadi Film

Cerita tentang Rumah Hantu Darmo tidak hanya dikenal oleh masyarakat Surabaya, melainkan masyarakat Indonesia mengetahui kisah seram Rumah Hantu Darmo ini. Terutama untuk para Urban legend.

BACA JUGA:Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal dengan Kisah Horornya

BACA JUGA:Hotel Horor yang Ada di Dunia Beserta Cerita Mistisnya, Bikin Merinding!

Pada tahun 2014, cerita mengenai Rumah Hantu Darmo ini diangkat dalam sebuah  film. Film itu berjudul Malam Satu Suro di Rumah Darmo. Eka, sutradara film yang bersangkutan ini mengklaim filmnya diangkat dari cerita nyata.

Film Malam Satu Suro di Rumah Darmo menambah daftar panjang genre Horor dalam perfilman Tanah Air saat itu. Kisah cerita yang diangkat dalam film juga tidak jauh berbeda dengan cerita tutur yang beredar di masyarakat.

Namun, dalam berbagai kisah misteri dari Rumah Hantu Darmo, kisah yang dipilih untuk diangkat dalam film Malam Satu Suro di Rumah Darmo adalah sebuah keluarga yang melakukan pesugihan. Hasil pesugihan tersebut adalah rumah mewah itu, berbagai emas, dan benda mewah lainnya.

Dalam perjanjian pesugihan ini, keluarga ini harus memberikan tumbal berupa nyawa manusia untuk balasan yang keluarga dapatkan seperti rumah mewah itu.

Namun keluarga itu mengingkari janji pesugihannya dengan berhenti memberikan tumbal. Akhirnya mereka kabur melalui jalur laut, dengan alasan para hantu tidak bisa mengejarnya.

Para hantu kemudian menenggelamkan kapal keluarga ini yang menyebabkan keluarga ini mati semua tak tersisa. Akhirnya harta dan segala kekayaan apapun dari keluarga itu diambil oleh para hantu.

Itulah kisah menyeramkan dari wisata Rumah Hantu Darmo. Banyak sekali para urban legend yang berkunjung ke Rumah Hantu Darmo hanya sekedar penasaran atas kisah-kisah yang beredar di telinga mereka.

Pesan yang bisa diambil dari kisah ini, jangan lakukan perbuatan syirik, apalagi melakukan perjanjian pesugihan dengan jin untuk mendapatkan sesuatu. Percayalah kepada Tuhan karena tuhan telah mengatur rezeki manusia. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: