Apa Perbedaan DP dan TDP dalam Kredit Mobil ? Begini Cara Menghitungnya

Apa Perbedaan DP dan TDP dalam Kredit Mobil ? Begini Cara Menghitungnya

Ilustrasi Penghitungan DP dan TDP saat Kredit Mobil-Carro.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebelum mengajukan kredit mobil, Anda perlu mengetahui apa itu DP dan TDP supaya tidak tertipu nantinya. Dengan mengenali perbedaan serta cara menghitungnya, maka Anda akan bisa mengetahui berapa uang muka yang harus dibayarkan. 

Saat ingin mengkredit mobil, seringkali ada banyak istilah-istilah pembayaran yang membuat bingung. Apalagi istilah tersebut mencakup beberapa macam biaya serta pengeluaran yang berkaitan dengan kredit mobil, misalnya seperti DP dan TDP. 

DP dan TDP tentunya memiliki arti dan perhitungannya sendiri yang bisa mempengaruhi total pengeluaran saat kredit mobil. Oleh sebab itu, Anda harus memahami istilah tersebut agar bisa bijaksana dan efektif dalam mengelola uang sebelum membuat keputusan kredit mobil.  

Dalam artikel ini akan dibahas secara rinci perbedaan DP dan TDP, serta bagaimana cara menghitungnya. 

BACA JUGA:Berikut Tips dan Tata Cara Agar Pengajuan Kredit Mobil Mudah Diterima

BACA JUGA:Ternyata Kredit Mobil Toyota Tidak Mahal, Ini Mobil Toyota yang Bisa Jadi Pilihan

Apa Bedanya DP dan TDP?

Tidak sedikit dari kita hanya mengetahui istilah DP ketika akan membeli mobil dengan sistem kredit. Akan tetapi, ada istilah lain yaitu TDP. Lalu apakah keduanya berbeda atau sama?

Untuk Anda yang sudah lama ingin mengajukan kredit mobil, tentunya sudah tidak asing lagi mendengar kata DP. DP atau Down Payment merupakan istilah yang merujuk pada sejumlah uang muka yang harus dibayarkan sebelum melakukan kredit, baik itu motor atau mobil. 

Jumlah DP atau uang muka yang harus dibayarkan pada dasarnya bervariasi tergantung jenis mobil yang diambil. Kebanyakan DP berkisar 20% sampai 30% dari harga kendaraan yang akan dikredit. 

Lain halnya dengan DP, TDP atau Total Down Payment merupakan total keseluruhan biaya yang wajib dibayarkan ketika mengajukan kredit mobil. Jadi dalam TDP sudah mencakup DP murni, serta biaya tambahan lain seperti biaya asuransi, polis asuransi, biaya provisi, dan juga cicilan pertama (opsional). 

BACA JUGA:Kredit Mobil Ditolak? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Syarat Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Selain sebagai uang muka untuk memulai kredit mobil, TDP juga memiliki fungsi lain seperti mengurangi jumlah cicilan, menjaga keseimbangan nilai mobil, serta menjadi jaminan dalam kredit mobil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: