Kisah Dibalik Raihan Award Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Siap Bertugas Kala yang Lain Terlelap

Kisah Dibalik Raihan Award Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Siap Bertugas Kala yang Lain Terlelap

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Adi Chandra Masa Bhakti 2021-2026-Foto Dok Radar -

CAPTION:

Adi Candra untuk Radarmas

Adi Candra

Pramuka Peduli. Tidak melulu, membantu penanganan bencana. Banyak yang dilakukan. Jika diurut, hampir semua hal bisa dilakukannya mulai dari bedah rumah, penanaman pohon di lereng, penanaman mangrove di Pantai Selatan, menyalurkan bantuan sembako, donor darah, pelestarian seni budaya. Hingga evakuasi jenazah dan

operasi SAR. Tahun ini Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas meraih prestasi mentereng. Jadi juara I Pramuka Peduli Award Jawa Tengah tahun 2022.

AAM JUNI, Purwokerto

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Masa Bhakti 2021 - 2026 Adi Candra mengatakan, capaian tersebut menjadi istimewa. Sejak pertama kali ikut Pramuka Peduli 2015 belum pernah juara I.

"Kita mentok di Juara 2 dan 3. Tahun kemarin Juara 3, baru Tahun ini Bisa Meraih Juara 1 sejak Tahun 2015," kata dia.

Torehan tersebut, tentu jadi bukti. Bahwa pramuka peduli benar-benar punya dedikasi tinggi.

"Banyaknya aktivitas Pramuka Peduli yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan pemerintah. Adanya inovasi pelayanan yang ada di Pramuka Peduli dan program - progam yang dilaksanakan berkaitan dengan penanggulangan bencana, sosial, kemanusiaan dan lingkungan hidup," kata dia.

Menurutnya, Pramuka Peduli selalu bekerja dengan hati. Membantu sesama tanpa pamrih.

"Kita senang ketika orang yang kita bantu atau siapapun merespon dengan mengucapkan terimakasih. Selain itu, kita juga menjadi tambah saudara dialokasi manapun kita melaksanakan kegiatan terutama berkaitan dengan kejadian bencana maupun musibah," tuturnya.

Ya, ia sudah memilih Pramuka Peduli menjadi caranya mengabdi pada masyarakat. Bahkan setiap kali bertugas, ia mengaku tidak pernah bersedih meski harus meninggalkan keluarga beberapa waktu.

"Ketika kita memilih masuk di Pramuka Peduli tentunya ada resiko-resiko yang harus diambil. Ya meninggalkan keluarga untuk ke lokasi bencana, bersiap - siap ketika yang lain terlelap," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: