Banner v.2
Banner v.1

Kupas Lengkap Honda NSF250R, Motor Balap Ringan Bertaring Tajam yang Wajib Kamu Tahu

Kupas Lengkap Honda NSF250R, Motor Balap Ringan Bertaring Tajam yang Wajib Kamu Tahu

Kupas Tuntas Honda NSF250R, Motor Balap Ringan Bertaring Tajam--

RADARBANYUMAS.CO.ID - Motor ini bukan motor sembarangan Honda NSF250R adalah jawaban bagi para pembalap muda yang bermimpi menaklukkan lintasan internasional seperti Asia Talent Cup (ATC). Dibuat oleh Honda dengan sentuhan presisi balap, motor ini bukan hanya tampil gahar di sirkuit, tapi juga menyimpan performa yang menggoda untuk dijajal siapa pun yang mendambakan kecepatan sejati.

Dapur pacunya menggunakan mesin DOHC 4-tak satu silinder dengan sistem pendingin cairan yang memiliki kapasitas 249,3 cc—cukup untuk membuat jantung berdegup kencang saat throttlenya diputar. Tenaga maksimal motor ini mencapai 47,6 tk pada 13.000 rpm, sementara torsinya menembus angka 28 Nm di 10.500 rpm—cukup untuk melontarkan motor ini keluar dari tikungan dengan brutal namun tetap presisi.

Tak hanya soal tenaga, motor balap ini dirancang untuk menanggung beban performa tinggi dengan efisiensi maksimal. Klep berbahan titanium dipilih karena minim gesekan dan tahan terhadap tekanan ekstrem di putaran mesin tinggi, membuat motor ini tidak hanya kencang tapi juga tahan banting di medan balap yang menuntut.

Motor Honda NSF250R ini juga memiliki desain unik: kemiringan silindernya mencapai 15 derajat ke belakang, menciptakan keseimbangan dan kompaksi mesin yang optimal. Dengan penempatan intake manifold di depan dan exhaust di belakang, motor ini mampu menjaga distribusi berat tetap terkonsentrasi untuk manuver tajam di lintasan balap.

BACA JUGA:Motor Paling Laris yang Jadi Simbol Gaya Hidup Sukses: Cerita Nyata Pengguna Yamaha NMAX

BACA JUGA:Yamaha MX King 2021, Motor Bebek dengan Performa Galak dan Fitur Modern

Performa Mesin dan Teknologi Balap

Lapisan nikel silikon pada kepala dan dinding silinder menjadi solusi Honda untuk menekan gesekan internal dan memperpanjang umur mesin. Motor ini juga dilengkapi balance shaft yang langsung tersambung ke crankshaft, membuat getaran mesin berkurang signifikan dan konsentrasi massa lebih terjaga.

Dengan rancangan sedemikian canggih, bukan hal mengejutkan jika motor ini mampu mencapai putaran mesin hingga 14.000 rpm. Ini bukan angka biasa; ini adalah zona RPM yang menjadi habitat para juara di lintasan Moto3.

Warisan Balap dan Evolusi dari 2-Tak ke 4-Tak

Motor NSF250R ini sejatinya adalah suksesor dari Honda RS125 yang dulu mengandalkan mesin 2-tak. Rangka dan swingarm dari motor ini dirancang ulang untuk beradaptasi sempurna dengan karakteristik mesin 4-tak yang berbeda dari pendahulunya.

Hasilnya adalah motor dengan handling yang tajam namun tetap stabil di kecepatan tinggi, cocok untuk pembalap muda yang ingin mengasah teknik dan insting balap.

BACA JUGA:Cari Motor Gaya Klasik tapi Teknologi Modern? Intip Keunggulan Yamaha XSR 155

BACA JUGA:Suzuki Access 125 Resmi Meluncur, Motor Matic Rp17 Jutaan dengan Fitur Speedometer Canggih

Ban, Pelek, dan Sistem Pengereman

Berbicara soal kaki-kaki, motor ini dibekali ban depan ukuran 90/58-17 dan ban belakang 120/60-17. Meskipun terlihat tidak terlalu lebar, ukuran ini sangat ideal untuk menjaga kelincahan motor saat bermanuver tajam.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: