Warga Kroya Dilarikan ke Rumah Sakit karena Tersengat Tawon

Warga Kroya Dilarikan ke Rumah Sakit karena Tersengat Tawon

Sodikin, warga Dusun Kayulangit, Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya dievakuasi ke rumah sakit lantaran tersengat tawon, Jumat (8/3/2024).-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sodikin (53), warga Dusun Kayulangit, Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya dievakuasi ke rumah sakit lantaran tersengat tawon, Jumat (8/3/2024). 

Kepala Pos Damkar Kroya, Widiatmoko menjelaskan, awalnya Sodikin sedang mengeksekusi sarang tawon untuk diambil sarangnya.

"Korban saat itu sedang mengeksekusi sarang tawon di pohon Ketapang miliknya, untuk diambil sarangnya untuk mancing ikan," katanya.

Sekira pukul 09.30 WIB, korban mencoba merawat pohon tersebut dengan cara memotong dahan yang tidak diperlukan. Namun pada saat itu, korban tidak mengetahui banyak tawon di pohon tersebut.

BACA JUGA:Waspada Cuaca Buruk Berpotensi di Cilacap

BACA JUGA:Borgol Tak Bisa Dilepas, Keluarga Penyintas ODGJ di Cilacap Lapor Damkar

"Tawon-tawon itu kemudian menyengat korban sampai korban tidak sadarkan diri di atas pohon," ujarnya.

Usai mengetahui hal tersebut, Kepala Dusun Kayulangit langsung melaporkan kejadian tersebut ke Pos Damkar Kroya. 

"Sampai di lokasi sekitar pukul 10.10 WIB, korban sudah berhasil diturunkan oleh warga dan langsung di bawa ke RS Aghisna Kroya," ujar Widiatmoko.

Pihaknya mengimbau, agar masyarakat lebih berhati-hati saat melakukan evakuasi hewan liar dan berbahaya. Selain itu, ia meminta masyarakat untuk menghubungi Damkar jika hendak melakukan evakuasi tersebut. 

Dikatakan Widiatmoko, untuk pelayanan evakuasi hewan liar berbahaya tidak banyak birokrasi, mereka tinggal menghubungi dan petugas Damkar langsung meluncur.

"Tidak banyak birokrasi, jika ada laporan warga kami langsung meluncur. Biasanya kit melakukan evakuasi paling banyak hewan behaya seperti ular dan tawon," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: