Ini Kisah Mahasiswa Internasional Asal Afrika Saat Meraih Gelar di UMP

Ini Kisah Mahasiswa Internasional Asal Afrika Saat Meraih Gelar di UMP

UMP menggelar acara Wisuda ke-73 Magister, Sarjana, dan Ahli Madya di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Sabtu (24/2/2024).-Humas UMP untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar acara Wisuda ke-73 Magister, Sarjana, dan Ahli Madya di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Sabtu (24/2/2024). Sebagai wisudawan dari Gambia, Afrika, Kebba Saine MM memberikan pidato penuh inspirasi dan rasa syukur.

Dalam sambutannya, Kebba menyampaikan rasa terhormatnya dan kegembiraan atas dukungan luar biasa yang diterima selama perjalanan akademis. "Saat kita berkumpul di sini untuk merayakan pencapaian kita, saya sangat tersentuh dengan perjalanan yang telah membawa kita ke tonggak penting ini," ujarnya.

Sebagai perwakilan mahasiswa internasional, Kebba menyoroti keberhasilan Program Beasiswa Rektor UMP. "Beasiswa ini mencakup biaya kuliah dan tunjangan bulanan yang memungkinkan kami untuk fokus pada studi kami tanpa banyak khawatir tentang hal-hal lain," tambahnya.

Ia juga berbagi pengalaman menantang saat pertama kali tiba di Indonesia dan UMP. Kendala bahasa menjadi tantangan utama, tetapi di tengah-tengah beragam budaya, Kebba dan rekan-rekannya belajar untuk menyesuaikan diri dan menghormati keberagaman.

Dalam penghargaannya, Kebba menyampaikan terima kasih kepada Rektor UMP, dekan, dosen pembimbing, dan seluruh staf yang telah memberikan dukungan. "Kami berhutang budi yang luar biasa kepada Anda karena telah mengasah pikiran kami dan mendorong perkembangan kami," ungkapnya.

Kebba juga menegaskan bahwa kelulusan bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan hidup yang lebih besar. "Masa depan adalah milik mereka yang percaya akan keindahan impian mereka," ucapnya penuh semangat.

Sementara itu Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan Wisuda Magister, Sarjana, dan Ahli Madya Ke-73 UMP Periode Februari Tahun Akademik 2023-2024 ini meluluskan bebarapa wisudawan dari negara asing, seperti Pakistan, Yaman, Gambia, dan Sudan.

“Jumlah mahasiswa yang berhasil lulus wisuda kali ini sebanyak 606. Terdiri atas Program Magister S-2 sebanyak 46 orang, Program Sarjana S-1 sebanyak 540 orang, Program Diploma Empat D-4 sebanyak 17 orang dan Program Diploma Tiga D-3 sebanyak 3 orang,” pungkasnya. (tgr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: