7 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar saat Musim Hujan

7 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar saat Musim Hujan

Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar saat Musim Hujan-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Musim hujan seringkali dianggap sebagai musim yang memunculkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Cuaca yang dingin dan lembap, serta peningkatan kelembaban udara, dapat memicu pertumbuhan bakteri dan virus yang mengganggu kesehatan. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, kamu bisa tetap sehat dan bugar saat Musim hujan melanda. Dalam artikel ini, kita telah merangkum beberapa tips agar selalu bugar saat Musim hujan.

Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar saat Musim Hujan

 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat musim hujan melanda:

1. Selalu Menjaga Kebersihan Tangan

Menjaga kebersihan tangan adalah langkah penting untuk mencegah penularan penyakit, terutama saat musim hujan. Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik setiap kali selesai melakukan aktivitas yang berpotensi meningkatkan risiko penularan, seperti sebelum makan, setelah menggunakan toilet, atau setelah bersin atau batuk. Jika air dan sabun tidak tersedia, bisa diganti dengan menggunakan hand sanitizer yang mengandung minimal 60% alkohol sebagai alternatif. 

BACA JUGA:8 Cara Menghindari Flu Pada Musim Hujan

BACA JUGA:9 Tips Menjaga Kesehatan Balita di Musim Hujan, Tak Perlu Panik

2. Hindari Tempat yang Tercemar atau Basah

Hindari tempat yang tercemar atau basah sangat penting untuk mencegah penyakit terutama saat musim hujan. Tempat-tempat yang tercemar atau basah dapat menjadi sarang bagi berbagai kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Hindari kontak langsung dengan genangan air hujan yang mungkin terkontaminasi dengan limbah atau kotoran. Selain itu, hindari juga menyentuh atau mengonsumsi makanan yang terkena air hujan secara langsung, karena dapat meningkatkan risiko keracunan makanan. 

3. Lindungi Diri dari Cuaca Ekstrem

Selalu gunakan payung atau jas hujan saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi tubuh dari hujan dan angin kencang. Pilihlah pakaian yang sesuai dengan cuaca, termasuk mengenakan lapisan yang cukup untuk menjaga tubuh tetap hangat jika suhu udara turun drastis. Hindari terlalu lama terpapar cuaca dingin dan basah, karena hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti flu atau masalah pernapasan. 

4. Jaga Kelembapan Ruangan

Menjaga kelembapan ruangan penting untuk kesehatan kita, terutama saat musim hujan yang cenderung dingin dan lembap. Gunakan penghangat udara atau humidifier untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Udara yang terlalu kering bisa menyebabkan beberapa masalah pernapasan dan kulit kering. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: