4 Kekurangan Perumahan Cluster yang Diperhatikan, Jangan Terkecoh!

4 Kekurangan Perumahan Cluster yang Diperhatikan, Jangan Terkecoh!

Kekurangan Perumahan Cluster-Rumah.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Memiliki perumahan cluster adalah impian bagi banyak orang. Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, penting untuk memahami kekurangan perumahan cluster sebelum membelinya. 

Mempunyai perumahan cluster sering menjadi impian untuk sebagian orang. Pesona rumah dengan konsep cluster, yang menawarkan suasana eksklusif dengan fasilitas yang lengkap memang memiliki daya tarik tersendiri. Meskipun demikian, penting untuk memperhatikan sisi kelebihan dan juga kekurangan sebelum membelinya. 

Perumahan cluster memang membawa sejumlah kelebihan, seperti keamanan yang lebih terjamin, fasilitas bersama yang eksklusif, dan interaksi yang lebih akrab dengan tetangga secluster. Namun, seperti halnya setiap pilihan properti lain, ada beberapa kekurangan perumahan cluster yang perlu diperhatikan. 

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, penting bagi calon pembeli untuk memahami secara menyeluruh tentang setiap aspek perumahan cluster yang mungkin tidak selalu terlihat begitu saja. Berikut 4 kekurangan perumahan cluster yang perlu Anda pertimbangkan. 

BACA JUGA:Kelebihan Tinggal di Komplek Perumahan

BACA JUGA:Tips Membangun Rumah di Atas Tanah Miring

4 Kekurangan Perumahan Cluster

1. Memerlukan Pengeluaran Ekstra

Kekurangan perumahan cluster yang pertama adalah perlunya biaya tambahan. Selain membayar tagihan bulanan untuk air dan listrik, tinggal di dalam perumahan cluster juga mewajibkan Anda untuk menyisihkan dana tambahan untuk biaya pemeliharaan lingkungan. 

Biaya ini umumnya mencakup biaya keamanan, biaya pengelolaan sampah, serta biaya pemeliharaan kebersihan jalan dan sejenisnya. Besaran biaya yang diperlukan bervariasi, tergantung pada jenis dan ukuran rumah yang Anda miliki.

Pembayaran untuk biaya ini biasanya dilakukan setiap bulan. Meskipun demikian, terkadang ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk kegiatan-kegiatan bersama warga cluster, seperti perayaan tahun baru atau kegiatan lain yang melibatkan warga RT.

2. Harga yang Cenderung Tinggi

Salah satu kekurangan perumahan cluster yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah adanya kecenderungan harga perumahan cluster yang seringkali menonjol lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: