Inilah 8 Perawatan Mobil yang Sudah Berusia Diatas 5 Tahun

Inilah 8 Perawatan Mobil yang Sudah Berusia Diatas 5 Tahun

Perawatan Mobil yang sudah berusia diatas 5 Tahun-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun, memerlukan perawatan khusus agar tetap berfungsi optimal dan tahan lama. perawatan yang tepat pada kendaraan yang telah lama, yang menjadi kunci utama dalam memastikan kehandalan dan ketahanannya. 

Dalam artikel ini, kita akan memberikan beberapa jenis perawatan yang perlu dilakukan pada mobil yang berusia lebih dari 5 tahun.

Perawatan Mobil yang Sudah Diatas 5 Tahun

Berikut adalah beberapa jenis perawatan yang penting dilakukan:

BACA JUGA:6 Bahan yang Ampuh untuk Membersihkan Jamur Pada Kaca Mobil, Tanpa Perlu Pergi ke Bengkel

BACA JUGA:5 Penyebab Pedal Kopling Mobil Menjadi Keras dan Berat

1. Pergantian Oli dan Filter Secara Rutin

Pergantian oli dan filter secara rutin, merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan mesin mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun. Oli yang bersih, membantu melumasi komponen mesin, mengurangi gesekan berlebih, dan mencegah keausan. Filter yang berfungsi dengan baik juga memastikan bahwa oli yang digunakan tetap bersih dan optimal. Dengan menjadwalkan pergantian oli sesuai rekomendasi pabrikan, kita dapat memastikan performa mesin tetap optimal dan masa pakai mobil yang lebih panjang.

2. Pengecekan Sistem Pendingin

Pengecekan sistem pendingin, menjadi kunci penting dalam perawatan mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun. Memastikan cairan pendingin berada pada level yang tepat dan sistem pendingin berfungsi optimal, dapat mencegah risiko overheating yang dapat merusak mesin. Dengan pemeliharaan rutin pada sistem pendingin, kita dapat menjaga suhu mesin tetap stabil, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan memperpanjang umur komponen-komponen mesin.

3. Periksa Sistem Rem

Periksa sistem rem secara berkala sangatlah penting untuk mobil yang telah berusia lebih dari 5 tahun. Komponen-komponen rem yang terawat dengan baik dapat menjamin responsifitas pengereman dan memastikan keselamatan pengendara. Melibatkan pengecekan pada ketebalan kampas rem, kondisi cakram, dan perhatian khusus pada sistem hidrolik, dapat membantu mencegah potensi masalah dan menjaga performa pengereman mobil selama penggunaan jangka panjang.

4. Pemeliharaan sistem kelistrikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: