Pelayanan Kesehatan di Pasar Sumpiuh Diaktifkan Lagi , Setelah Vakum Selama Pandemi Covid-19

Pelayanan Kesehatan di Pasar Sumpiuh Diaktifkan Lagi , Setelah Vakum Selama Pandemi Covid-19

Pelayanan kesehatan Posbindu Puskesmas Sumpiuh 2 di Pasar Sumpiuh, Sabtu (6/1/2024). Pedagang menyempatkan diri untuk periksa.-Inayah untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY - Pasar Sumpiuh mengaktifkan kembali pelayanan kesehatan untuk warga pasar. Setelah vakum relatif lama terdampak pandemi covid-19.

Pelayanan kesehatan di Pasar Sumpiuh kerja sama dengan Puskesmas Sumpiuh 2, berupa pos binaan terpadu (Posbindu). Pemeriksaan yang dilakukan oleh warga pasar di antaranya tekanan darah dan gula darah setiap bulan sekali.

Pengelola Pasar Sumpiuh, Agus Haryanto menyampaikan, sebagai pasar yang telah memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI), maka harus menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan.

SNI pasar rakyat hanya berlaku sampai empat tahun. Oleh karena itu, Pengelola Pasar Sumpiuh berupaya untuk mempertahankan. Salah satunya lewat fasilitas pelayanan kesehatan.

BACA JUGA:Cara Untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Kamu Lakukan

"Pelayanan kesehatan di Pasar Sumpiuh kegiatan rutin setiap awal bulan. Rencana kalau bisa setiap dua minggu sekali," kata Agus, Rabu (10/1/2024).

Pedagang di sela aktivitas berjualan menyempatkan diri untuk memeriksakan kesehatannya. Dengan tujuan agar kondisi seperti tekanan darah dan gula darah tetap terpantau.

Sementara itu, Puskesmas Sumpiuh 2 mencatat hasil pemeriksaan pedagang di Pasar Sumpiuh rata-rata normal. Hanya sedikit yang mengalami tensi tinggi.

"Kalau yang ada keluhan, pedagang ada yang minta obat," terang Sanitarian Puskesmas Sumpiuh 2 yang ditugaskan ke Posbindu, Inayah. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: