Antusiasme Donor Darah Tinggi, Kilang Pertamina Cilacap Kumpulkan 1.143 Kantong Darah

Antusiasme Donor Darah Tinggi, Kilang Pertamina Cilacap Kumpulkan 1.143 Kantong Darah

Para peserta donor darah dalam rangka peringatan HUT ke-6 PT KPI dan HUT ke - 66 Pertamina merupakan pekerja, keluarga, mitra kerja, hingga masyarakat umum, Kamis (7/12/2023).-PT KPI RU IV Cilacap-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Penyelenggaraan donor darah di area PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV CILACAP selalu menyedot antusiasme tinggi, baik dari kalangan pekerja, keluarga, mitra kerja, hingga masyarakat umum.

Seperti pada pelaksanaan donor darah di gedung Patra Graha, Kamis (7/12/2023), kilang terbesar dan paling strategis di Indonesia ini berhasil mengumpulkan 1.143 kantong darah.

Dari jadwal pelaksanaan yang baru dibuka pukul 08.00 WIB, para pendonor bahkan sudah mengantre sejak pukul 07.00 WIB.

Penyelenggara dari fungsi Health RU IV membuka loket pendaftaran yang meliputi tensi darah, verifikasi, dan cek hemoglobin (Hb) di gedung utara. Sedangkan gedung utama Patra Graha digunakan untuk pengambilan darah bagi yang dinyatakan lolos pendaftaran.

BACA JUGA:El Nino Alert di Kilang Pertamina Internasional Cilacap Raih 2 Penghargaan KPI Group Awards 2023

BACA JUGA:Kilang Pertamina Internasional Cilacap Raih Dua Penghargaan TJSL KPI Group Awards 2023

Sebanyak 1.143 pendonor dari keseluruhan 1.213 pendaftar berhasil diambil darahnya. Sebagai wujud apresiasi atas jiwa kerelawanan pendonor, Kilang Cilacap memberikan paket sembako untuk para pendonor.

"Ini wujud terimakasih dan penghargaan kami untuk para pendonor, dari unsur pekerja, keluarga, mitra kerja dan masyarakat yang selalu antusias mengikuti kegiatan donor darah rutin ini," kata Area Manager Commrel & CSR PT KPI RU IV, Cecep Supriyatna.

Ditambahkan, selain donor darah, pada kegiatan yang dikaitkan dengan HUT ke-6 PT KPI dan HUT ke - 66 Pertamina ini juga dilengkapi Voluntary Consulting Test (VCT).

"VCT merupakan tes sukarela untuk mengetahui seseorang positif atau negatif mengidap HIV (Human Immunodeficiency Virus). Pada kesempatan ini tes VCT diikuti 92 peserta," ujar Cecep.

Sebagaimana diketahui, donor darah merupakan program rutin 3 bulanan KPI RU IV bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap yang sudah terjalin bertahun-tahun. Dalam pelaksanaannya, PMI Kabupaten Cilacap juga melibatkan PMI dari Kabupaten Banyumas, Purbalingga dan Kebumen. (*/ads)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: