Jelang Nataru, Keamanan Objek Wisata di Purbalingga Akan Dicek

Jelang Nataru, Keamanan Objek Wisata di Purbalingga Akan Dicek

Objek wisata Owabong Water Park, akan menjadi salah satu objek wisata di Purbalingga yang dicek keamanannya.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga akan melakukan pengecekan keamanan tempat wisata, yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga Prayitno kepada Radarmas, Kamis, 30 November 2023. "Rencananya, sebelum libur Nataru kami akan melakukan pengecekan objek wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga," kata mantan jurnalis ini.

Dia menjelaskan, pengecekan dilakukan terhadap objek wisata yang berpotensi terjadi kecelakaan. Sepeti wahana air, flying fox dan sejumlah wahana lainnya.

Hal itu menurutnya dilakukan, guna meminimalkan terjadinya risiko yang berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan wisatawan di objek wisata. 

BACA JUGA:Sanggaluri Park Purbalingga, Wisata Edukasi yang Menarik!

BACA JUGA:Wahana Jembatan Kaca di Baturraden Telan Korban Jiwa, Dinporapar Purbalingga Minta Semua Wahana Wisata Dicek

Sebab, saat libur Nataru, objek wisata diprediksi akan banyak dikunjungi wisatawan. Disebutkan, pemeriksaan keamanan di objek wisata penting dilakukan jauh hari sebelumnya. Sehingga, pengelola objek wisata bisa memperbaiki fasilitas, jika ditemukan ada yang rusak. 

Termasuk merekomendasi objek wisata yang tak layak dikunjungi oleh wisatawan. Hal tersebut, juga dilaksanakan guna mencegah kasus kecelakaan di objek wisata, seperti yang terjadi di jembatan kaca di Baturraden, Banyumas, pada 25 Oktober 2023 lalu.

Dia juga meminta para pengelola wahana berisiko mengutamakan aspek keselamatan para wisatawan. Terutama, menyambut musim libur Nataru.

"Kebetulan nanti malam (Kamis malam, red) akan diadakan rakor (rapat koordinasi, red) kepariwisataan se Jawa Tengah di Kabupaten Karanganyar. Hal itu, rencananya juga akab menjadi materi pembahasan," ungkapnya. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: