Harga Gula Pasir di Pasar Manis Purwokerto Naik, Pj Bupati : Per Hari Ini Ada Subsidi Hingga Desember

Harga Gula Pasir di Pasar Manis Purwokerto Naik, Pj Bupati : Per Hari Ini Ada Subsidi Hingga Desember

PENGECEKAN : Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro saat mengecek harga sembako di Pasar Manis Purwokerto, Senin (13/11).-HUMAS PEMKAB UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Harga gula pasir kengalami kenaikan. Kenaikan harga tersebut membuat pedagang di Pasar Manis PURWOKERTO mengalami penurunan omset.

Seperti disampaikan oleh salah satu pedagang sembako di Pasar Manis, Encuk (50). Menurutnya, kondisi tersebut sudah terjadi sejak satu bulan lalu.

"Harga gula Rp 17.000 per kilogram. Saya ambil bulan lalu harganya sudah Rp 15.250 ribu," katanya, Senin (13/11).

Ia kini masih menjual stok barang yang sudah Ia beli sebulan lalu. Soal harga saat ini, dirinya masih belum mengetahui. Ia tak menampik, dengan kenaikan harga tersebut, msmbuat omsetnya merosot.

BACA JUGA:Kendalikan Harga Pasar dan Kurangi Beban Keluarga Miskin, Ini Jumlah Beras Yang Dibagikan Gratis

BACA JUGA:Harga Gula Naik, Pemkab Gelar OP

"Stoknya sekarang masih sekitar 20 kg. Begitu harga naik, ini susah banget jualnya. Ini sudah berhari-hari cuma laku seperempat. Biasanya sehari bisa kg padahal," terangnya.

Dirinya berharap agar pemerintah bisa menangani hal tersebut dan menyetabilkan harga sembako. "Harapannya tentu jangan kemahalan. Karena lakunya susah," terangnya.

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro mengatakan mulai hari ini mulai menyalurkan subsidi gula pasir kepada para pedagang di Pasar Manis Purwokerto.

"Kalau yang gula itu langsung kita kasih subsidi. Per kilogramnya Rp 1.000 itu dibantu dari Bank Indonesia. Akan kita berlakukan sampai Bulan Desember," katanya.

BACA JUGA:Harga Gula Pasir Terus Meroket

BACA JUGA:Harga Gula Pasir dan Minyak Goreng Kompak Naik

Para pedagang di Pasar Manis akan diberikan subsidi sebesar Rp 1.000. Para pedagang didistribusikan 50 kg gula pasir dengan harga beli Rp 13.900 dan dijual dengan harga Rp 15.000.

Dia menjelaskan, mekanisme subsidi yang diberlakukan yaitu langsung diserahkan kepada para pedagang/penjual. "Tadi sudah kita cek ada beberapa yang belum dapat. Tapi prinsipnya hari ini semua akan dapat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: