Tetap Buka Lima Rombel, MIN 1 Banyumas Kejar Penambahan Satu RKB Lewat Komite

Tetap Buka Lima Rombel, MIN 1 Banyumas Kejar Penambahan Satu RKB Lewat Komite

Dengan total 29 rombel saat ini, tahun ajaran 2024/2025 MIN 1 Banyumas tetap membuka lima rombel.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 BANYUMAS pada tahun ajaran 2023/2024 tetap membuka lima rombongan belajar (rombel). 

Dengan total rombel saat ini sebanyak 29 kelas, MIN 1 Banyumas hanya membutuhkan tambahan satu Ruang Kelas Baru (RKB) untuk tetap membuka lima rombel pada tahun ajaran depan.

Komite MIN 1 Banyumas, Mahruri mengatakan, sesuai Keputusan Menteri Agama (KMA), untuk rombel pada jenjang MI diijinkan per kelas maksimal sampai sembilan rombel. Artinya sesuai regulasi di Kemenag maka pembukaan lima rombel di MIN 1 Banyumas tidak melanggar aturan.

"Total 29 rombel. Semua kelas sudah lima rombel kecuali untuk kelas enam yang pada saat ini empat rombel," katanya pada Radarmas, Minggu (12/11/2023).

BACA JUGA: 6.200 Nakes Rumah Sakit dan Puskesmas di Banyumas Bakal Divaksinasi Hepatitis B

BACA JUGA:5 Kecamatan Rawan Terdampak Potensi Bencana Gunung Slamet

Mahruri menjelaskan, dengan kondisi masih dibutuhkannya satu RKB saat ini, dari masyarakat dengan animonya yang tinggi untuk menyekolahkan anaknya di madrasah tidak ingin tahu akan kondisi tersebut.

Prinsipnya dari madrasah bakal mengejar tambahan satu RKB untuk mencukupi kebutuhan 30 rombel tahun ajaran depan, agar animo yang tinggi dari masyarakat tetap dapat diakomodir. Salah satu caranya melalui kerjasama dengan komite madrasah.

"Jika kembali ke empat rombel masyarakat bisa kecewa," terang dia.

Adapun total 29 rombel di MIN 1 Banyumas saat ini semua dapat diakomodir dengan selesainya pembangunan gedung enam RKB yang bersumber dari bantuan pemerintah pusat dengan skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun bulan Oktober lalu. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: