Karakteristik dan Keunikan Desain Rumah Jawa

Karakteristik dan Keunikan Desain Rumah Jawa

Karakteristik dan Keunikan Desain Rumah Jawa-Gramedia -

2. Teras dan Pendopo

Teras dan pendopo merupakan elemen penting dalam desain rumah Jawa. Teras merupakan tempat untuk bersantai sambil menikmati udara segar, sementara pendopo adalah ruang terbuka yang sering digunakan untuk pertemuan keluarga, acara sosial, atau upacara tradisional. Kedua ruang ini menciptakan suasana nyaman dan harmonis bagi penghuni rumah.

3. Pringgitan

Pringgitan adalah ruang khusus di rumah Jawa yang digunakan untuk pertunjukan wayang kulit. Seni wayang kulit memiliki tempat istimewa dalam budaya Jawa dan pringgitan memberikan tempat yang tepat untuk mempertontonkan keindahan seni tradisional ini kepada keluarga dan tamu.

4. Dalem

Dalem adalah ruang keluarga utama dalam rumah Jawa. Ruang ini dirancang untuk menciptakan suasana hangat dan akrab bagi anggota keluarga. Ornamen tradisional, seperti ukiran kayu dan tekstil batik, sering digunakan untuk memperindah ruang ini, menciptakan atmosfer yang penuh kehangatan dan kedamaian.

5. Gandhok

Gandhok, atau gudang, adalah bagian tersembunyi dari rumah Jawa yang digunakan untuk menyimpan berbagai barang rumah tangga, hasil pertanian, atau peralatan tradisional. Meskipun fungsional, gandhok tetap dirancang dengan estetika yang khas, menggambarkan perhatian terhadap detail dalam desain rumah Jawa.

BACA JUGA:Tips Mengepel dan Membersihkan Lantai Rumah Dijamin Kinclong

BACA JUGA:Rekomendasi Desain Rumah, Untuk Keluarga Modern

Keunikan Desain Rumah Jawa

Desain rumah Jawa memancarkan keunikan dan keindahan yang mencerminkan kearifan lokal serta filosofi mendalam masyarakat Jawa. Berikut beberapa keunikan desain rumah Jawa yang menjadikan rumah ini begitu istimewa:

1. Atap Bangunan 

Salah satu ciri khas mencolok dari rumah Joglo, bagian dari desain rumah Jawa, adalah atapnya yang unik. Atap rumah Joglo didukung oleh empat tiang tengah yang lebih tinggi, dikenal sebagai soko guru. 

Filosofi di balik keempat tiang ini mencerminkan kekuatan dari empat penjuru mata angin, diyakini dapat melindungi penghuni dari bencana. Bahan atap yang awalnya terbuat dari alang-alang anyaman memberikan sensasi sejuk dan nyaman di dalam rumah Joglo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: