Buka Hari Pertama MPLS Serentak, Bupati Banyumas: Jauhi Perundungan

Buka Hari Pertama MPLS Serentak, Bupati Banyumas: Jauhi Perundungan

MPLS SERENTAK. Bupati Banyumas Achmad Husein membuka MPLS serentak di Lapangan Desa Rempoah, Senin (17/7).-Humas Pemkab Banyumas untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Bupati Banyumas Achmad Husein membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara serentak di Lapangan Desa Rempoah, Senin (17/7). Pembukaan MPLS tersebut diikuti oleh 2.580 pelajar yang terdiri dari perwakilan SMP dan SMA di Kabupaten Banyumas.

Bupati meminta agar selama proses MPLS, bisa dilakukan dengan murah, meriah, mencerdaskan, edukatif, kreatif, konstruktif. Ia juga menegaskan, agar tidak ada yang namanya perundungan atau perpeloncoan selama proses MPLS.

"Jauhi perpeloncoan, bullying. Karena dapat membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan fisik dan mental," kata bupati.

 

Ia menambahkan, MPLS diharapkan bisa menjadi momen peserta didik lebih mengenal potensi diri dan juga lingkungan sekolah. Serta bisa menemukan cara belajar yang efektif.

"Melalui MPLS dapat mengembangkan interaksi positif, menumbuhkan karakter Pancasila. Dan sekolah bisa menjadi taman belajar yang menyenangkan, agar mampu meraih prestasi yang membanggakan," paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono mengatakan, pihaknya sudah dari awal menekankan sekolah itu menjadi tempat yang ramah dan bersahabat bagi siapa saja, dan menjadi tempat bersemainya kebhinekaan.

 

"Dan  yang ketiga sebagai tempat moderasi beragama. Maka otomatis disitu tidak ada yang namanya bullying, kita jadikan sekolah itu menggembirakan," tuturnya.

Ia juga meminta bagi masyarakat yang menjumpai adanya perundungan, selama kegiatan MPLS agar segera melaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

"Jika ada perundungan tentu kita akan membentuk tim untuk melakukan check on the spot. Kita sudah buat surat edaran agar MPLS sifatnya mencerdaskan, menceriakan, menggembirakan jadi stop bullying," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: