Ada Fenomena Bulan Purnama, Pesisir Selatan Cilacap Berpotensi Banjir Pesisir

Ada Fenomena Bulan Purnama, Pesisir Selatan Cilacap Berpotensi Banjir Pesisir

Kondisi air laut pasang di Pantai Sodong Adipala -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID -  Pada bulan Juni 2023 ini ada potensi banjir pesisir atau rob di Kabupaten CILACAP. Hal ini diungkapkan Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung CILACAP Rendi Krisnawan.

"Potensi ada, pada saat pasung surut mencapai ketinggian maksimumnya. Untuk bulan Juni ini tanggal potensinya pada tanggal 7 - 8 Juni mendatang," katanya.

Dia mengatakan, banjir rob bisa terjadi bila, pasang mencapai maksimum, gelombang laut tinggi. Saat ini ketinggian gelombang laut mencapai 2-4 meter.

Dikatakan Rendi, potensi rob tersebut dikarenakan adanya fenomena fase bulan purnama (full moon). Yang terjadi pada tanggal 3 Juni 2023 bersamaan dengan perigee pada tanggal 6 Juni 2023.

"Sehingga berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di sebagian pesisir selatan Jawa termasuk selatan Cilacap," kata dia. 

Untuk antisipasi, kata dia, pihaknya selalu memberi informasi ke masyarakat. Dan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyiapkan sumberdaya khususnya sarpras evakuasi bila terjadi bencana.

"Untuk masyarakat yang beraktivitas di laut perlu diwaspadai. Terutama bagi para wisatawan agar tidak bermain atau berenang di laut karena gelombang tinggi sewaktu-waktu bisa menghampiri," ujar Rendi. 

Hal serupa juga diungkapkan Kepala UPT BPBD Kroya Sugiarto. Pihaknya bersama sejumlah relawan akan melakukan pemantauan secara rutin untuk melihat dan memantau ketinggian gelombang air laut. 

"Di setiap tempat wisata pantai sudah ada penjaga pantainya. Ini kita pantau tiap saat jika gelombang naik. Jadi bisa antisipasi tidak ada kerugian disekitar," ungkapnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: