Dukung Pelestarian Mangrove, Kilang Cilacap Ikuti Penanaman Mangrove Nasional Serentak

Dukung Pelestarian Mangrove, Kilang Cilacap Ikuti Penanaman Mangrove Nasional Serentak

Perwakilan PT KPI RU IV saat penanaman mangrove di Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, Senin 16 Mei 2023.-PT KPI RU IV Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID – Sebagai bagian dari upaya pelestarian mangrove, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap turut menghadiri agenda Penanaman Mangrove Nasional Serentak di kawasan hutan mangrove Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Senin 16 Mei 2023, Program ini diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo secara virtual.

Acara dihadiri Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar; Kapolresta Cilacap, Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto; Dandim 0703 Cilacap Letkol (Inf) Andi Afandi; Ketua DPRD Taufik Nurhidayat, jajaran Korem 071/Wijayakusuma, Perhutani, dan BUMN. Dari PT KPI RU IV dihadiri Sunaryo Adi Putra selaku Officer Communication & Relations.

Yunita dalam sambutannya menyebutkan keberadaan mangrove sangat penting sebagai habitat biota laut, dan penahan gelombang yang berakibat abrasi. 

"Sebagai titik tolak di Cilacap ada 9.000 hektar yang potensial untuk ditanami mangrove. Saat ini sudah pada area 3.000 hektar dengan jumlah pohon sekitar 1,7 juta," katanya.

Dijelaskan, nantinya pemerintah kabupaten beserta BUMN bisa menanam di area 9.000 hektar se- Kabupaten Cilacap. Sehingga kondisi Cilacap yang aman dan baik akan terwujud.

"Untuk mewujudkannya tentu bukan hanya tugas OPD terkait, tetapi juga peran stakeholder lainnnya," ucap Yunita.

Terpisah Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna menyebutkan pihaknya memiliki komitmen yang sama dalam pelestarian mangrove. Salah satu wujud nyata bisa dilihat di arboretum Konservasi Laguna Kawasan Segara Anakan Cilacap (Kolak Sekancil) di Desa Ujung Alang, Kampung Laut.

"Di Kolak Sekancil sudah lebih dari 1,7 juta pohon mangrove pada lahan seluas 185 hektar. Area ini bahkan sudah menjadi rujukan dan tempat penelitian dari dalam dan luar negeri," Jelasnya.

Selanjutnya pada tahun ini, lanjut Cecep PT KPI RU IV menyiapkan 50 ribu pohon mangrove yang akan kembali ditanam di area Kolak Sekancil.

"Ada rencana pengembangan lahan mangrove di Kolak Sekancil, dan kami siap untuk itu," tambah Cecep.(*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: