YA AMPUN! Harga Telur Ayam di Purbalingga Tembus Rp 32 Ribu Per Kilogram

YA AMPUN! Harga Telur Ayam di Purbalingga Tembus Rp 32 Ribu Per Kilogram

TELUR AYAM : Salah satu pedagang di Pasar Segamas yang menjual komoditas telur ayam.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Harga komoditas sembako, telur ayam di Kabupaten Purbalingga masih tinggi. Hal itu terungkap dari pantauan Harga yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga, Jumat, 19 Mei 2023.

Fungsional Dinperindag Kabupaten Purbalingga Martha Dwi Budiati mengungkapkan, harga telur di Pasar Segamas Purbalingga dijual Rp 32 ribu per kilogram. 

"Betul, harga telur ayam di pasaran masih tinggi," katanya kepada Radarmas, Jumat, 19 Mei 2023.

Harga yang ada di Pasar Segamas merupakan rujukan di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Dia menyebutkan, penyebab tingginya harga telur ayam di kabupaten Purbalingga, karena harga pakan ternak ayam yang tinggi.

"Selain itu permintaan dari konsumen juga tinggi. Karena banyak masyarakat yang menggelar hajatan pasca Lebaran," ujarnya.

Sebelumnya, pasca libur Lebaran harga telur ayam masih bisa ditebus pembeli dengan harga Rp 27 ribu per kilogram. Namun, setelah itu harganya terus merangkak naik, hingga Rp 32 ribu per kilogram.

Meskipun, harga jual telur ayam masih tinggi, dia menyebutkan stok di pasaran masih mencukupi. Tidak ada kekurangan pasokan telur ayam di pasaran.

Tingginya harga telur ayam di pasaran dikeluhkan konsumen. Sebab, mereka harus menebus telur ayam dari penjual dengan harga yang tinggi.

"Kebetulan telur ayak merupakan bahan makanan yang selalu saya siapkan di rumah, untuk kebutuhan lauk sehari-hari. Jadi tingginya harga telur ayam ini sangat menyulitkan saya," ujar Desi, warga Kecamatan Purbalingga.

Dia berharap ada intervensi harga yang dilakukan oleh pemerintah, agar harga telur ayam di pasaran menjadi normal kembali atau turun. 

Diketahui, harga jual di pasaran tersebut melampaui harga acuan pemerintah. Berdasarkan, Peraturan Badan Pangan Nasional No 5/2022 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras.

Ditetapkan, harga jual telur ayam di tingkat konsumen adalah Rp 27 ribu per kilogram. Harga jual saat ini, jauh melebihi acuan harga pemerintah tersebut. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: