Ulang Tahun ke-46, RS Pertamina Cilacap Launching Layanan Terpadu Ibu dan Anak

Ulang Tahun ke-46, RS Pertamina Cilacap Launching Layanan Terpadu Ibu dan Anak

Rumah Sakit Pertamina Cilacap melaunching pusat layanan ibu dan anak terpadu "Mother and Child - Centered Care". Selasa 16 Mei 2023. (dok RS Pertamina Cilacap)--

CILACAP - Rumah Sakit Pertamina Cilacap merayakan ulang tahun ke-46, Selasa 16 Mei 2023. Dalam perayaan tersebut, Rumah Sakit Pertamina Cilacap melaunching pusat layanan  ibu dan anak terpadu "Mother and Child - Centered Care". 

Dalam rangka pengembangan layanan kesehatan, khususnya untuk ibu dan anak, RS Pertamina Cilacap mendedikasikan satu area khusus sebagai pusat layanan terpadu ibu dan anak, yang terdiri dari Area Pendaftaran khusus ibu dan anak, area bermain anak, Klinik Obsgyn, Klinik Anak, klinik tumbuh kembang, ruang terapi wicara, ruang terapi okupasi, ruang psikologi, klinik laktasi. Di aera ini juga disediakan ruang untuk ibu menyusui.

Layanan MC Care (Mother and Child - Centered Care) merupakan layanan terintegrasi sejak pasangan merencanakan pernikahan sampai mempunyai anak, yang akan dipantau  langsung oleh petugas dari RS.

Direktur RS Pertamina Cilacap, dr. Arif Riandi, MARS, mengatakan pengembangan layanan MC Care ini, selaras dengan visi RS Pertamina Cilacap untuk menjadi rumah sakit terbaik, terpercaya dan mampu bersaing berkelanjutan di Kabupaten Cilacap.

"Kemudian, pengembangan ini juga merupakan rangkaian program peningkatan mutu pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat  khususnya untuk ibu hamil dan anak-anak yang tergolong rentan dalam penularan penyakit," ujarnya.

Direktur Pertamina Cilacap, mengatakan, layanan terpadu ibu anak ini meliputi semua penjamin, baik pasien BPJS maupun umum. Pihaknya pun membuka peluang kedepannya untuk meningkatkan layanan tersebut sampai kepada layanan Fertilisasi. 

"Maksud dan tujuan pelayanan ini,  diharapkan 25-30  tahun kedepan, anak-anak yang lahir pada hari ini dapat menjadi penerus bangsa yang hebat dan penuh inovasi. untuk mencapai hal itu, harus dikawal perkembangannya sejak masa kehamilan sampai periode menyusui, hingga kasus stunting yang terjadi akibat kekurangan asupan ibu pada saat hamil dan menyusui ini dapat ditekan. Itu tujuannya agar tercapai generasi emas Indonesia," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Giriana Dewi mengatakan, Pemkab Cilacap sangat mendukung kegiatan tersebut. Terlebih hal ini selaras dengan program pemerintah dalam penanganan masalah kesehatan ibu dan anak.

"Kami Pemkab Cilacap sangat mendukung karena relevan sekali dengan saat ini. Bu PJ Bupati, Pak Gubernur dan Presiden saat ini fokus penurunan angka stunting. MC care terlibat di dalamnya dalam penanganan stunting di Cilacap," ujarnya.

Pihaknya pun berharap RS Pertamina semakin maju dan semakin berkembang, memberikan inovasi pelayanan prima kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: