Jumlah Bacaleg 2024 Naik Dibanding Pemilu 2019, Ini Penyebabnya

Jumlah Bacaleg 2024 Naik Dibanding Pemilu 2019, Ini Penyebabnya

Serahkan berkas : Bacaleg dan rombongan saat pengajuan daftar Bacaleg di KPU Purbalingga.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Jumlah orang yang mendaftarkan sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kabupaten Purbalingga tahun 2024 naik drastis dibanding tahun 2019.

"Hingga batas akhir penyerahan berkas ada 641 Bacaleg. Sedangkan tahun 2019 lalu hanya ada 545 orang dan setelah ditetapkan hanya 492 orang Bacaleg," kata salah satu anggota Komisioner KPU, Catur Sigit Prastyo, Selasa 16 Mei 2023 pagi.

Ia juga menegaskan, karena baru mau masa tahap verifikasi administrasi, pihaknya belum bisa menentukan jumlah Bacaleg akan berkurang atau tetap.

"Vermin masih berjalan, kita belum bisa berani  pastikan ada perubahan atau tidak dalam Bacaleg," tegasnya.

Catur menambahkan, penyebab naiknya minat menjadi caleg tahun ini diantaranya adanya penambahan jumlah kursi di DPRD Kabupaten Purbalingga. Dari semua 45 kursi, saat ini 50 kursi legislatif.

Peminat menjadi Bacaleg sampai menyerahkan berkas juga dari berbagai profesi. Mulai pensiunan pejabat pemerintah, pensiunan TNI/Polri, Lulusan mahasiswa, kepala desa dan lainnya.

"Para Bacaleg ini akan bersaing dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024 pada Pemungutan suara 14 Februari 2024 mendatang," rincinya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: