Pasar Wage Mulai Dibongkar, Akhir Juni Mulai Renovasi

Pasar Wage Mulai Dibongkar, Akhir Juni Mulai Renovasi

Altifitas alat berat dan pekerja membersihkan puing, rabu (10/5/2023). Gedung Pasar Wage yang terbakar September 2020 lalu sudah diratakan.-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID -  Kabid Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Imam Wibowo mengatakan, pekerjaan renovasi Pasar Wage paska kebakaran akan fokus mengembalikan fungsi bangunan pasar seperti semula. 

"Tidak ada penambahan ruang, juga untuk penambahan sarana dagang tidak ada," kata dia. 

Imam menuturkan, pembangunan fisik renovasi Pasar Wage ditargetkan dimulai akhir Juni nanti. Saat ini sedang berproses untuk pengadaan tender. 

"Ini sedang dilakukan pembongkaran. Sembari pembongkaran untuk proses pengadaan sedang berjalan. Kontrak pembongkaran itu satu bulan. Tapi karena dengan alat berat tidak sampai satu bulan," jelasnya. 

Sementara itu Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas, Gatot Eprie mengatakan, untuk proses pembongkaran tidak menganggu aktivitas jual beli di Pasar Wage. Pihaknya juga telah memasang terpal, agar ketika pembongkaran debu dan reruntuhan kecil tidak menganggu pedagang dan pembeli. 

"Pembongkaran kita targetkan selesai dalam satu minggu," ujarnya. 

Renovasi Pasar Wage paska kebakaran ia katakan, dilakukan dengan pendanaan dari bantuan gubernur senilai Rp 10 miliar. 

"Pedagang juga sudah kita pindahkan ke depan halaman kantor," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: