Perbaiki Tata Kelola Kearsipan, Dinarpus Gelar Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Perbaiki Tata Kelola Kearsipan, Dinarpus Gelar Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Komitmen : Sekda Purbalingga teken komitmen GNSTA, Rabu 3 Mei 2023.- Kominfo Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten PURBALINGGA Gelar Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip. Pemkab berkomitmen untuk terus meningkatkan pengelolaan arsip secara baik dan berkelanjutan sesuai prosedur.

Karena itu, Pemkab Purbalingga melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Purbalingga mengadakan Rapat Koordinasi Pengawasan Kearsipan dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip ( GNSTA ), Rabu 3 Mei 2023 di Ruang Rapat Ardi Lawet Setda Purbalingga.

"Kegiatan ini untuk membangun kesadaran, komitmen dari  para Pimpinan perangkat daerah," kata Kepala Dinarpus Purbalingga, Sadono.

Sub Koordinator Arsiparis Ahli Muda Dinarpus Purbalingga, Ari Susanti menambahkan, hari ini pengarahan untuk para pimpinan pemegang kebijakan pengelolaan arsip di OPD. Lalu dilanjutkan materi teknis pada tanggal 8-10 Mei bagi petugas arsip di semua OPD.

Menurutnya, pengawasan kearsipan bukan mencari kesalahan terhadap pengelolaan kearsipan di OPD, tapi untuk menemukan kendala dari pengelolaan kearsipan. Terutama agar dapat dicarikan solusi.

Kedepan, pihaknya mengharapkan kerjasama dari seluruh obyek pengawasan. pengelola arsip tentang arti penting arsip.

"Adanya kegiatan ini diharapkan bisa memacu OPD merumuskan langkah nyata untuk melakukan pengelolaan arsip sesuai ketentuan yang berlaku, serta meningkatkan nilai Indeks Kearsipan Kabupaten Purbalingga yang pada Tahun 2022 memperoleh nilai 68,62 dengan kategori B (Baik).

Selanjutnya Dinarpus Purbalingga mengadakan bimbingan teknis pengisian aplikasi ASKI (Audit Sistem Kearsipan Internal) bagi Pengelola Arsip Perangkat Daerah untuk mempersiapkan pelaksanaan pengawasan kearsipan tahun 2023.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Daerah Kabupaten Purbalingga, Herni Sulasti menargetkan nilai indeks kearsipan Kabupaten Purbalingga tahun 2023 bisa meningkat.

"Saya targetkan semua OPD berkomitmen indeks angka sadar arsip naik diatas 70 atau kategori sangat baik. Kita harus menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya kearsipan, arsip harus dikelola sesuai dengan ketentuan," tegasnya. (amr/adv)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: