Jumlah Kunjungan Wisatawan Saat Libur Lebaran Masih Belum Menggembirakan

Jumlah Kunjungan Wisatawan Saat Libur Lebaran Masih Belum Menggembirakan

Wisatawan yang berkunjung di TWP Purbasari Pancuran Mas.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga, pada momen libur Lebaran ini, masih belum menggembirakan. Jumlah Kunjungan wisatawan hingga saat ini, tak lebih baik dari momen yang sama, tahun lalu.

Direktur Utama TWP Purbasari Pancuranmas, Junjung mengungkapkan, jumlah wisatawan di objek wisata yang dikelolanya belum ada tanda-tanda kenaikan seperti libur lebaran tahun lalu.

"Kunjungan wisatawan tahun ini, sama persis dengan kunjungan wisata sebelum Covid-19," ungkapnya. 

Dia menambahkan, jika dibandingkan tahun 2022 lalu, sementara jumlah kunjungan wisatawan di kabupaten Purbalinggan, pada tahun ini, masih kalah.

"Tahun 2022, grafik kunjungan wisata di Purbasari Pancuran Mas melonjak jauh. Sekarang turun lagi, jumlahnya seperti biasa tahun-tahun sebelum Covid-19," tambahnya.

Dia berharap, momen liburan Lebaran yang akan berakhir pada tanggal 1 Mei 2023 mendatang, masih bisa menaikkan jumlah kunjungan wisata.

Terpisah, Subkoor Promosi dan Pemasaran Wisata Dinporapar Kabupaten Purbalingga Laela Afni Hidayah mengungkapkan, hingga saat ini jumlah kunjungan wisatawan pada momen libur Lebaran mencapai 118.898 orang.

Namun, dia mengungkapkan jumlah tersebut merupakan jumlah sementara. Sebab, tidak semua objek wisata rutin melaporkan jumlah wisatawan.

Selain itu, tidak semua objek wisata berinisiatif melaporkan data jumlah kunjungan wisatawan kepada Dinporapar kabupaten Purbalingga.

Puncak kunjungan wisatawan terjadi pada tanggal 25 April 2023. Dimana jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Purbalingga mencapai 27.191 orang.

Sementara itu, Dinporapar Kabupaten Purbalingga menargetkan kunjungan sekitar 360.210 wisatawan, selama libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

Target tersebut naik 30 persen dari jumlah kunjungan wisatawan pada momen yang sama tahun lalu. Tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan, saat libur Lebaran mencapai 277.085 orang.

Di kabupaten Purbalingga ada 67 daya tarik wisata dan 28 desa wisata yang akan menjadi andalan. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: