Sepak Terjang Relawan PMI Banjarnegara di Musim Lebaran

 Sepak Terjang Relawan PMI Banjarnegara di Musim Lebaran

RELAWAN : Relawan PMI Banjarnegara saat memeriksa kesehatan pemudik yang beristirahat di posko mudik. Dok PMI Banjarnegara --

BANJARNEGARA - Masa-masa libur Lebaran seperti saat ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati masa libur, namun tidak dengan relawan PMI Banjarnegara yang jsutru sibuk dengan misi kemanusiaan, mulai dari terlibat dalam Posko mudik hingga kesiapsiagaan di sejumlah objek wisata. 

Bertugas sebagai relawan PMI Banjarnegara memang tidak mudah, apalagi mereka bertugas pada saat masyarakat sedang asyik menikmati masa libur Lebaran, relawan ini justru sibuk dan selalu siaga untuk memberikan pertolongan medis bagi wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Banjarnegara dengan ikhlas.

Seperti yang dilakukan oleh relawan PMI Banjarnegara yang selalu siaga bersama dengan para medis serta ambulance untuk memberikan penanganan medis bagi para pengunjung kawasan wisata di Banjarnegara selama libur Lebaran.

BACA JUGA:Operasional Mesin Pirolisis Tambah Shift untuk Maksimalkan Penyerapan Sampah Residu

"Untuk memberikan kenyamanan dan pertolongan pertama di sejumlah objek wisata, PMI Banjarnegara sudah membagi tugas para relawan di sejumlah objek wisata, termasuk paramedis dan ambulance, tak hanya itu PMI Banjarnegara juga memberikan layanan PMI Mobile yang suatu saat dibutuhkan dalam memberikan pertolongan dalam sebuah kecelakaan lalu lintas," kata Ketua PMI Banjarnegara dr Amelia Desiana, Kamis (27/4).

Menurutnya, para relawan PMI Banjarnegara ini secara sukarela mengabdikan dirinya agar dapat membantu sesama, para relawan ini memiliki jiwa sosial yang tinggi, bahkan dalam dirinya sudah tertanam adanya kepuasan batin saat bisa memberikan manfaat bagi orang banyak.

"Banyak kisah yang dilalui oleh para relawan PMI, setidaknya ada kepuasan batin dengan membantu sesama bagi mereka yang membutuhkan," katanya.

Para relawan ini memiliki jiwa penolong yang besar, dan hal tersebut menjadi dorongan yang membawa mereka bergabung menjadi relawan PMI. Tak hanya itu, sebelum diterjunkan mereka juga mendapatkan pelatihan singkat dalam memberikan pertolongan pertama.

"Bagi saya, bisa membantu orang lain itu membahagiakan, dan dengan bergabung sebagai relawan PMI, kami bisa menyalurkan keinginan dalam membantu orang lain," kata Alwan, relawan PMI Banjarnegara.

Menurutnya, pengalaman berkesan selama mengabdi untuk PMI adalah ketika menangani korban bencana alam. "Pengalaman yang paling berkesan ketika ditugaskan ke lokasi bencana alam karena di situ jadi lebih memperkuat ikatan persaudaraan dengan sesama rekan relawan, dan saya jadi ada kepuasan batin kalau melihat korban merasa terbantu dengan adanya kami," katanya.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: