Ini Upaya Konkret Bupati Optimalkan Zakat ASN Purbalingga

Ini Upaya Konkret Bupati Optimalkan Zakat ASN Purbalingga

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Upaya konkrit Bupati PURBALINGGA dalam mengoptimalkan zakat ASN yakni dengan mengeluarkan Surat Edaran kepada unit-unit kerja di Pemkab PURBALINGGA, BUMD dan desa/kelurahan. Surat itu mengamanatkan untuk membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ). 

Langkah tersebut sudah ditindaklanjuti sebagian secara bertahap, ditargetkan UPZ bisa terbentuk semua di Mei tahun ini.

"Setiap 3 bulan sekali, kita evaluasi per triwulan, kita lihat nantinya mana OPD yang nyengkuyung Gerakan Cinta Zakat dan mana yang tidak," tuturnya, Senin 17 April 2023 saat acara Gerakan Cinta Zakat.

BACA JUGA:Potensi Zakat ASN Capai 12 Miliar, Ini Yang Harus Dilakukan

Bupati Tiwi menambahkan, kemiskinan di Kabupaten Purbalingga saat ini berada di angka 15,3%, sedangkan kemiskinan ekstrem 2,19%.Walaupun beberapa tahun terakhir mengalami tren penurunan belum masif dan signifikan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kabupaten Purbalingga, Sudjianto mengungkapkan, instruksi pembentukan UPZ sudah ditindaklanjuti sejumlah unit kerja. 

Diantaranya sebanyak 27 unit semua OPD,16 dari 18 kantor kecamatan, semua RSUD, 10 dari 22 UPTD Puskesmas, dan 12 dari 234 desa/kelurahan.

"Pembayaran zakat ini tidak hanya dibutuhkan ketaatan dan kesadaran, tetapi juga perlu keteladanan pimpinannya," tegasnya.

Ia memaparkan tahun 2022 realisasi zakat ASN di Kabupaten Purbalingga mencapai Rp 3 miliar. Tahun ini ditargetkan bisa merealisasikan sebanyak Rp 5 miliar.

"Dengan pengurus yang baru tahun ini, diharapkan kita mampu menghimpun zakat kurang lebih Rp 5 miliar, walaupun potensinya sebenarnya 8.688 ASN (Pemkab Purbalingga) yaitu Rp 12 miliar, tapi mudah-mudahan secara bertahap dari Rp 5 miliar setiap tahun ada peningkatan," rincinya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: