Alun-Alun Purbalingga Berpotensi Sebagai Tempat Salat Ied Dua Kali, Ini Penjelasannya

Alun-Alun Purbalingga Berpotensi Sebagai Tempat Salat Ied Dua Kali, Ini Penjelasannya

Dua Kali : Komplek Alun-alun Purbalingga diperkirakan untuk Salat Ied 2 kali di lebaran tahun ini.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Alun-alun PURBALINGGA bakal menjadi lokasi utama di kota untuk salat Ied tahun ini. Bahkan dimungkinkan ada penyelenggaraan salat Ied dua kali, karena penentuan 1 Syawal 1444 Hijriyah yang tidak sama.

Sekretaris Kantor Kemenag Kabupaten Purbalingga, Sarif Hidayat mengungkapkan, jika ada perbedaan penentuan 1 Syawal 1444 H, tidak usah dipersoalkan. Namun yang jelas Alun-alun masih menjadi pusat untuk pelaksanaan salat Ied tahun ini.

"PHBI juga baru mau rapat-rapat. Yang jelas salat Ied ada di Alun- alun, halaman atau jalan dekat Mapolres Purbalingga, Rutan Purbalingga. Lainnya di wilayah masing- masing," katanya, Selasa 11 April 2023 pagi.

Pihaknya juga tak mempersoalkan adanya perbedaan penentuan 1 Syawal tahun ini. Ia mengimbau agar masyarakat tetap kondusif dan tidak boleh saling mengkritik dan lainnya.

"Kami yakin jika di Purbalingga tidak pernah ada gejolak meski ada perbedaan penentuan 1 Syawal," tambahnya.

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Purbalingga, Ali Sudarmo menjelaskan, Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah pada 21 April 2023. Penentuan Alun-alun sebagai lokasi salat Ied juga sedang disiapkan oleh Muhammadiyah.

"Rapat persiapan untuk penyelenggaraan salat Ied di Alun-alun Purbalingga sudah dilaksanakan," katanya, Selasa 11 April 2023 pagi ini. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: