Ini Penyebab Banjir Di Sejumlah Ruas Jalan Purbalingga

Ini Penyebab Banjir Di Sejumlah Ruas Jalan Purbalingga

Tersumbat : Petugas gabungan DPU PR dan BPBD serta Pemadam saat membersihkan drainase dekat terminal Purbalingga akhir tahun 2022 lalu.-DOK. AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PURBALINGGA menyimpulkan sementara penyebab genangan yang menjadikan banjir di beberapa ruas jalan, karena persoalan di saluran air atau drainase.

Kepala BPBD Purbalingga, Priyo Satmoko menjelaskan, dari pengamatan sementara, limpahan air karena hujan deras tak mampu ditampung drainase. Di bagian lain, drainase tersumbat sampah.

BACA JUGA:Hujan Hampir 2 Jam, Sejumlah Jalan Tergenang, Ini Titiknya

"Langkah yang bisa dilakukan yaitu pembersihan drainase dan mengimbau saat hujan deras dalam beberapa jam, pengguna jalan berhati-hati saat melintas," jelasnya, Senin 20 Maret 2023.

Lebih lanjut dikatakan, penghujan ini sesuai prakiraan cuaca sudah hampir masuk ke awal kemarau. Namun masih terjadi hujan di sore dan malam hari.

"Jika hujan lagi pada malam nanti, maka kewaspadaan tetap dikedepankan. Harapannya, saat sore ini hujan reda, maka genangan segera reda," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Purbalingga hampir 2 jam tanpa henti pada Senin 20 Maret 2023 sore telah menyebabkan genangan banjir yang cukup parah. Sejumlah ruas jalan terendam air, sehingga menyebabkan arus lalu lintas tersendat.

Berdasarkan pantauan Radarmas, banjir paling parah terjadi di Jalan Letnan Yusuf, Babakan, Kalimanah tepatnya di ruas jalan depan RS Nirmala Purbalingga. Genangan air bahkan sampai mengharuskan para pengendara sepeda motor turun dan mendorongnya agar bisa melewati genangan air tersebut. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: