Baru 201 Desa Realisasikan Penyaluran BLT DD Tahap Pertama Ke Rekening Desa

Baru 201 Desa Realisasikan Penyaluran BLT DD Tahap Pertama Ke Rekening Desa

Pencairan : Penyaluran BLT DD di Desa Jompo, Kecamatan Kalimanah, Maret ini.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Kelompok Penerima Manfaat (KPM) BLT DD Maret ini mulai menikmati besaran dana bantuan Rp 300 ribu per orang perbulan selama 12 bulan. Maret ini jatah 3 bulan, Januari, Februari, Maret 2023. Namun dari 224 desa se Kabupaten PURBALINGGA, baru 201 desa yang sudah siap.

"Tahapannya dari kas daerah ke Rekening Kas Desa (RKD) dan baru bisa memberikan BLT DD ke KPM," kata Kepala Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga, Ato Susanto, Rabu 15 Maret 2023.

Lebih lanjut dikatakan, permohonan tiap desa untuk pencairan BLT DD bagi KPM bervariasi. Tergantung pemerintah desa setempat dalam mengalokasikannya.

"Peruntukkan DD untuk BLT memang turun tahun ini, atau lebih kecil dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Seperti di Kecamatan Kalimanah, beberapa desa mulai membagikan BLT DD. Total sebanyak Rp 300 juta dikalikan semua penerima. 

"Se Kecamatan Kalimanah ada 449 KPM. Belum semua mencairkan, karena ada desa yang masih menyelesaikan pertanggungjawaban," kata Camat Kalimanah, Wijayanto.

Ia menambahkan, penerima tidak boleh diwakilkan, karena langsung diterima di desa setempat.

"Penerima BLT DD tidak boleh menjadi penerima bansos lainnya, apapun jenisnya. Jadi sudah ada database yang menyatakan penerima tidak dan belum pernah menerima bantuan lainnya," rincinya. (amr)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: